Putri Kim Jong-Un Tampil Perdana Saat Peluncuran Rudal Korut

ADVERTISEMENT

Putri Kim Jong-Un Tampil Perdana Saat Peluncuran Rudal Korut

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Sabtu, 19 Nov 2022 19:38 WIB
Pyongyang -

Saat uji coba peluncuran rudal balistik Korea Utara 'Hwasong-17', pemimpin Korea Utara Kim Jong Un hadir didampingi putrinya. Ini adalah kali pertama, Kim membawa anaknya di hadapan publik. Kantor berita Korea Utara KCNA pada hari Sabtu (19/11) melaporkan bahwa Kim hadir di uji coba peluncuran rudal tersebut 'bersama istri dan anak tercintanya'.

Foto yang dirilis surat kabar utama Korut, Rodong Sinmun menurut para pengamat menjadi konfirmasi resmi perdana bahwa Kim punya seorang putri. Tidak ada informasi tambahan mengenai siapa nama putri Kim, dan umurnya.

Selama ini disebutkan bahwa Kim dan istrinya, Ri Sol Ju yang dinikahinya pada tahun 2009, memiliki tiga anak yang lahir pada tahun 2010, 2013, dan 2017.

Foto tersebut menarik perhatian karena menunjukkan generasi keempat dari dinasti keluarga yang sudah berkuasa di Korea Utara selama tujuh dekade. Sebelumnya sangat jarang bagi media Korea Utara untuk menunjukkan anak-anak Kim.

Korut luncurkan Hwasong-17 sebagai peringatan untuk AS

Pemimpin Korea Utara tersebut memantau peluncuran rudal pada hari Jumat (18/11), yang menurut KCNA adalah Hwasong-17. Para analis menjulukinya sebagai "rudal monster". KCNA mengatakan bahwa peluncuran "ICBM tipe baru" tersebut berhasil.

Kim mengatakan uji coba rudal balistik antarbenua yang baru dikembangkan menegaskan bahwa Pyongyang memiliki senjata lain yang "dapat diandalkan dan berkapasitas maksimum" untuk menahan ancaman dari luar.

Pemimpin Korut itu memperingatkan AS dan sekutunya bahwa apa yang dia sebut langkah provokatif mereka akan mengarah pada "penghancuran diri mereka sendiri," demikian disampaikan media pemerintah setelah peluncuran.

ja/ts (AFP, AP)

Lihat video 'Penampakan Rudal Antarbenua Korut yang Bisa Jangkau Wilayah AS':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/nvc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT