Kemunculan Perdana Putri Kim Jong-Un di Tengah Uji Coba Rudal Antarbenua

ADVERTISEMENT

Kemunculan Perdana Putri Kim Jong-Un di Tengah Uji Coba Rudal Antarbenua

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 19 Nov 2022 22:10 WIB
Putri Kim Jong Un Tampil Perdana saat Peluncuran Rudal Korut
Kim Jong Un dan putrinya (DW News)
Pyongyang -

Putri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un muncul untuk pertama kalinya di hadapan publik. Kemunculan perdana putri Kim Jong-Un itu terjadi di tengah uji coba rudal antarbenua.

Berdasarkan laporan dari media pemerintah Korut, KCNA, seperti dilansir AFP, Sabtu (19/11/2022), Kim Jong-Un hadir 'bersama putri dan istrinya tercinta' untuk mengawasi peluncuran rudal balistik antarbenua.

KCNA merilis gambar yang menunjukkan Kim Jong-Un sedang menggandeng tangan seorang anak perempuan yang mengenakan jaket warna putih dan sepatu warna merah. Keduanya terlihat berjalan bersama di depan sebuah rudal raksasa berwarna hitam-putih.

Foto-foto itu menunjukkan keduanya merayakan uji coba rudal yang diklaim sukses oleh Korut. Kim Jong-Un merupakan cucu pendiri Korut Kim Il-Sung dan generasi ketiga dinasti Kim yang memimpin Korut.

Kim Jong-Un membawa istri dan anak perempuannya untuk menonton uji coba rudal antarbenua. Ini merupakan momen perdana putri Kim Jong-Un muncul di depan publik.Kim Jong-Un membawa istri dan anak perempuannya untuk menonton uji coba rudal antarbenua. Ini merupakan momen perdana putri Kim Jong-Un muncul di depan publik. Foto: KCNA via REUTERS

Badan intelijen Korea Selatan (Korsel) menyebut Kim Jong-Un menikahi istrinya, Ri Sol Ju, pada 2009 lalu. Istri Kim Jong-Un disebut melahirkan anak pertamanya setahun kemudian, dengan anak kedua dan ketiga dilaporkan lahir tahun 2013 dan 2017.

Kabar soal anak-anak Kim Jong-Un pernah datang dari mantan bintang NBA Dennis Rodman yang melakukan kunjungan langsung ke Korut pada 2013. Dia mengklaim bertemu dengan putri Kim Jong-Un yang bernama Ju Ae dan dia menyebut Kim Jong-Un sebagai ayah yang baik.

Peneliti Pusat Studi Korea Utara pada Institut Sejong di Korsel, Cheong Seong-chang, menyebut putri yang diajak Kim Jong-Un menonton uji coba rudal itu diduga adalah Ju Ae. Cheong menyebut putri Kim Jong-Un setara dengan 'Putri' Korut.

Dinilai Sedang Persiapkan Penerus

Sikap Kim Jong-Un itu dinilai mengindikasikan putri Kim Jong-Un tersebut telah ditunjuk menjadi penerus ayahnya di masa depan. Usia Ju Ae sendiri tak diketahui secara pasti.

Cheong juga menduga putri Kim Jong-Un kemungkinan akan bisa berpartisipasi dalam urusan negara di usianya yang masih belia. Bahkan, Cheong menilai kemunculan putri Kim Jong-Un dengan sang ayah bisa mengindikasikan bahwa dia telah ditunjuk menjadi penerusnya.

Ayah Kim Jong-Un, mendiang Kim Jong-Il, menunjuknya sebagai penerus daripada anak-anaknya yang lain yang berusia lebih tua karena, menurut Cheong, Kim Jong-Un yang paling mirip dengannya.

"Kim Jong-Un mungkin ingin melakukan hal yang sama dengan anak perempuannya. Mungkin dia memiliki kualitas, yang menurut Kim, sangat mirip dengan dirinya," cetus Cheong, sembari menyebut jika anak perempuan Kim Jong-Un terus mendampingi ayahnya di acara-acara penting, maka semakin memperkuat indikasi ini.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT