Fakta-fakta Terkini Pemilu Malaysia: Anwar Ibrahim Unggul, Mahathir Kalah

ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Terkini Pemilu Malaysia: Anwar Ibrahim Unggul, Mahathir Kalah

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 20 Nov 2022 07:41 WIB
Pemilu Malaysia telah dimulai secara resmi hari ini. Mantan PM Mahathir Mohamad dan pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim telah memberikan hak suaranya.
Mahathir Mohamad dan Anwar Ibrahim. (AP Photo/JohnShen Lee)
Jakarta -

Warga Malaysia menggelar Pemilu 2022 dengan sosok calon berisi wajah lama di panggung politik nasional Malaysia. Fakta Pemilu Malaysia terkini, Anwar Ibrahami unggul hitung cepat hingga Mahathir Mohamad keok.

Hari pemungutan suara Pemilu Malaysia dilakukan pada Sabtu (19/11), dengan kertas suara menunjukkan 70% warga menggunakan hak untuk memilih anggota parlemen yang dipercepat. Jumlah itu 2,5 juta lebih banyak dibanding jumlah pemilih sebelumnya pada 2018.

Mahathir Kalah di Hitung Cepat

Politikus senior Malaysia berusia 97 tahun, Mahathir Mohamad, kalah dalam hitungan cepat Pemilu Malaysia. Mahathir menempati posisi keempat dalam hitung cepat Pemilu Malaysia.

Seperti dilansir AFP, Minggu (20/11), Mahathir Mohamad kehilangan kursi parlementernya, hal ini kemungkinan mengakhiri karir politik Mahathir.

Komisi pemilihan negara mengatakan Mahathir berada di urutan keempat dari lima di daerah pemilihannya yang telah lama dipegangnya di Langkawi. Itu adalah kekalahan elektoral pertamanya dalam lebih dari setengah abad.

Kali ini dia mencalonkan diri di bawah Partai Pejuang Tanah Air dan menolak saran bahwa dia harus pensiun. Dia sempat memberi tahu wartawan sebelum pemilihan bahwa dia memiliki peluang bagus untuk menang.

Anwar Ibrahim Unggul

Sementara itu Anwar Ibrahim mengklaim bahwa Pakatan Harapan memiliki cukup kursi untuk membentuk pemerintahan berikutnya karena unggul dalam Pemilu Malaysia. Namun, Anwar enggan mengungkapkan siapa yang akan diajak bekerja sama oleh Pakatan.

"Kami, Pakatan, telah membentuk blok terbesar di parlemen dengan Muda dan kami juga harus mengakui fakta bahwa tidak ada partai yang memperoleh mayoritas sederhana," kata Anwar Ibrahim seperti dilansir The Star, Minggu (20/11).

"Oleh karena itu kami telah melakukan serangkaian pertemuan dan negosiasi dan sebagai hasilnya, saya ingin memberi tahu Anda bahwa sebagai blok mayoritas, kami telah berhasil mendapatkan dukungan dari anggota parlemen untuk membentuk pemerintahan dengan mayoritas sederhana," ujarnya.

Berdasarkan hitung cepat yang dilaporkan The Star, Pakatan Harapan memperoleh 81 kursi parlemen dari 220. Sementara rivalnya, Perikatan Nasional yang diinisiasi mantan PM Malaysia Muhyiddin Yassin memperoleh 73 kursi.

Lihat video 'Pemilu Malaysia: Anwar Ibrahim Unggul, Mahathir Keok':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT