5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 17:37 WIB
Xi Jinping marahi Justin Trudeau, ada apa ini ribut-ribut? (Adam Scott/Prime Minister Office/Reuters via CNN)
Foto: Xi Jinping marahi Justin Trudeau, ada apa ini ribut-ribut? (Adam Scott/Prime Minister Office/Reuters via CNN)
Jakarta -

Di momen Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali, Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping nampak menceramahi Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Ada apa sebenarnya?

Dilansir CNN, Kamis (17/11/2022), Xi Jinping tertangkap kamera sedang menegur Trudeau. Si penerjemah Xi Jinping menyebut ada isu 'diskusi yang bocor ke publik'.

Nampak, tangan Xi Jinping sedikit naik sampai ke perut atas, namun dalam posisi terbuka. Kadang tangannya naik sampai ke dada dalam gestur seperti menekankan apa yang disampaikannya. Pandangan Xi Jinping menatap langsung ke Trudeau. Xi Jinping terus berbicara dengan nada menceramahi Trudeau.

"Semua yang kita diskusikan telah bocor ke koran dan itu tidak pantas," kata penerjemah Xi Jinping.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (17/11/2022):

- Korut Tembakkan Rudal Balistik Usai Lontarkan Ancaman ke AS!

Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik pada Kamis (17/11) ke arah perairan lepas pantai timurnya. Peluncuran rudal ini dilakukan setelah Korut mengeluarkan peringatan kepada Amerika Serikat tentang langkah 'ganas' jika terus melakukan latihan militer bersama dengan sekutu di wilayah tersebut.

Dilansir kantor berita AFP, Kamis (17/11/2022), Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) mengatakan, Korut menembakkan rudal balistik jarak pendek sekitar pukul 10.48 pagi waktu setempat dari provinsi Kangwon. "Korea Utara menembakkan sebuah rudal balistik tak teridentifikasi ke Laut Timur," katanya mengacu ke bagian perairan yang juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Itu adalah uji coba rudal pertamanya dalam waktu sekitar satu minggu dan menambah rekor lebih dari 60 rudal balistik yang telah ditembakkan tahun ini. Rentetan peluncuran tersebut bertentangan dengan resolusi PBB yang melarang Pyongyang melakukan peluncuran semacam itu.

- Penceramah Terkenal Turki Harun Yahya Divonis Penjara 8.658 Tahun

Pengadilan Turki menjatuhkan hukuman 8.658 tahun penjara kepada penceramah terkenal dan pemimpin sekte, Adnan Oktar dalam persidangan ulang karena menjalankan sekte sesat berusia puluhan tahun. Anggota-anggota sekte tersebut telah dituduh melakukan kejahatan mulai dari pelecehan seksual hingga pemerasan, pencucian uang, dan spionase.

Adnan Oktar alias Harun Yahya, sebelumnya dijatuhi hukuman 1.075 tahun penjara setelah diadili di Istanbul bersama 236 orang yang diduga anggota atau pendukung jaringannya. Namun, putusan itu kemudian dibatalkan awal tahun ini karena alasan prosedural.

Dilansir media Turki, Anadolu Agency dan South China Morning Post, Kamis (17/11/2022), dalam persidangan ulang, pengadilan Turki pada Rabu (16/11) waktu setempat menjatuhkan hukuman 8.658 tahun, termasuk 891 tahun untuk kejahatan yang dilakukan dalam kapasitas pribadinya dan sisanya untuk para pengikutnya.

- Heboh Video Xi Jinping Tegur Trudeau, Ini Kata China

Pemerintah China memberikan tanggapan atas hebohnya rekaman video yang tampaknya menunjukkan Presiden China Xi Jinping marah ke Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT