Penceramah Terkenal Turki Harun Yahya Divonis Penjara 8.658 Tahun

ADVERTISEMENT

Penceramah Terkenal Turki Harun Yahya Divonis Penjara 8.658 Tahun

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 15:24 WIB
Adnan Oktar alias Harun Yahya dihukum 1.075 tahun penjara atas kejahatan seksnya. Ia terbukti memperkosa para pengikutnya atau dikenal dengan sebutan kittens.
Harun Yahya (Foto: AP Photo/Emrah Gurel)
Jakarta -

Pengadilan Turki menjatuhkan hukuman 8.658 tahun penjara kepada penceramah terkenal dan pemimpin sekte, Adnan Oktar dalam persidangan ulang karena menjalankan sekte sesat berusia puluhan tahun. Anggota-anggota sekte tersebut telah dituduh melakukan kejahatan mulai dari pelecehan seksual hingga pemerasan, pencucian uang, dan spionase.

Adnan Oktar alias Harun Yahya, sebelumnya dijatuhi hukuman 1.075 tahun penjara setelah diadili di Istanbul bersama 236 orang yang diduga anggota atau pendukung jaringannya. Namun, putusan itu kemudian dibatalkan awal tahun ini karena alasan prosedural.

Dilansir media Turki, Anadolu Agency dan South China Morning Post, Kamis (17/11/2022), dalam persidangan ulang, pengadilan Turki pada Rabu (16/11) waktu setempat menjatuhkan hukuman 8.658 tahun, termasuk 891 tahun untuk kejahatan yang dilakukan dalam kapasitas pribadinya dan sisanya untuk para pengikutnya.

Harun Yahya menjadi terkenal di Turki selama bertahun-tahun, terutama untuk acara TV provokatif yang disiarkan di salurannya sendiri. Di layar, pemimpin sekte itu tampil dengan dikelilingi para wanita muda yang dia sebut "anak kucing", yang akan menyatakan cinta mereka padanya. Para wanita itu sering mengenakan pakaian seksi saat dia menyampaikan pendapat tentang masalah agama dan politik.

Lihat juga Video: Gerak-gerik Tersangka Pelaku Peledakan Bom di Turki Terekam CCTV

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT