ADVERTISEMENT

Tegaskan Kabar 'Dilarikan ke RS' Hoax, Rusia Unggah Video Menlu Santai di Bali

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 17:03 WIB
Menlu Rusia Sergey Viktorovich Lavrov di Bali (Tangkapan layar video yang diunggah Jubir Kemlu Rusia)
Foto: Menlu Rusia Sergey Viktorovich Lavrov di Bali (Tangkapan layar video yang diunggah Jubir Kemlu Rusia)
Jakarta -

Rusia membantah tegas kabar Menteri Luar Negerinya, Sergey Viktorovich Lavrov, dilarikan ke rumah sakit usai tiba di Indonesia. Juru bicara Kemlu Rusia, Maria Zakharova, turut mengunggah video yang menunjukkan Lavrov yang tampil santai di Bali.

Video itu dipublikasikan Zakharova melalui akun Telegramnya, Senin (14/11/2022). Dalam video itu, terlihat Lavrov yang mengenakan kaus bertuliskan 'Basquiat' dan celana pendek berwarna biru.

Lavrov tampak tengah duduk sembari membaca sebuah dokumen dengan latar belakang pepohonan. Tangannya terlihat memegang pulpen. Di meja juga tampak sebuah ponsel.

Seorang perempuan tampak mengajukan pertanyaan ke Lavrov dalam bahasa Rusia. Keduanya pun terlihat berbincang.

Dalam unggahannya, Zakharova turut menegaskan bahwa berita Lavrov dirawat di rumah sakit adalah tidak benar atau hoaks.

"Di sini bersama Sergey Viktorovich di Indonesia, kami melihat rekaman dan kami tidak dapat mempercayai mata kami: ternyata dia dirawat di rumah sakit 😹 Ini, tentu saja, adalah puncak kepalsuan," tutur Zakharova.

Diberitakan sebelumnya, beredar laporan bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov dilarikan ke Rumah Sakit Sanglah di Denpasar, Bali. Namun, Kementerian Luar Negeri Rusia pada hari Senin membantah laporan yang pertama kali diberitakan media Associated Press tersebut.

"Ini, tentu saja, adalah puncak kepalsuan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (14/11/2022).

Laporan itu berasal dari Associated Press yang mengutip pejabat-pejabat Indonesia, mengatakan bahwa Lavrov dibawa ke rumah sakit setelah tiba di pulau Bali untuk menghadiri KTT G20.

Menurut pejabat-pejabat tersebut, Lavrov dirawat di rumah sakit karena kondisi jantung.

Simak Video: Rusia Bantah Menlu Lavrov Dilarikan ke Rumah Sakit di Bali

[Gambas:Video 20detik]




(mae/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT