Menlu Rusia Tiba di Bali untuk Hadiri KTT G20

ADVERTISEMENT

KTT G20

Menlu Rusia Tiba di Bali untuk Hadiri KTT G20

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Minggu, 13 Nov 2022 22:51 WIB
Bali -

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov tiba di Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Sergey datang untuk mewakili Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kedatangan Sergey di Bali terlihat dalam video yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/11/2022). Begitu turun dari pesawat, Sergey disambut Menteri BUMN Erick Thohir dan Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva.

Sergey lalu masuk mobil berbendera Rusia yang telah disiapkan. Dia ditemani Dubes Lyudmila.

Selain Sergey, Presiden AS Joe Biden juga telah tiba di Bali. Biden menggunakan pesawat Air Force One berwarna biru dengan kelir putih dan biru muda.

Biden disambut oleh tarian khas Bali. Biden tampak tersenyum dan berjalan menuju mobil. Sejumlah orang terlihat mengawal kedatangan Biden. Setelah itu, mobil Biden langsung meninggalkan bandara menuju tempat bermalam.

KTT G20 Indonesia

Sebagaimana dikutip dati situs resmi, G20 merupakan sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. Anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Forum KTT G20 intens dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan masing-masing kepala negara ataupun kepala pemerintahan. Tahun ini, Indonesia resmi memegang presiden G20 setelah sebelumnya diemban oleh Italia.

Dalam kepemimpinannya, Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Ada tiga isu prioritas dalam presidensi G20 Indonesia yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.

KTT G20 Indonesia dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022. Acara ini merupakan pertemuan puncak dari rangkaian agenda G20 selama presidensi G20 Indonesia.

(knv/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT