Lebanon Ekstradisi 'Cucu Saddam Hussein' ke Irak

ADVERTISEMENT

Lebanon Ekstradisi 'Cucu Saddam Hussein' ke Irak

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 13 Nov 2022 15:33 WIB
ilustrasi pria diborgol
Ilustrasi borgol (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Lebanon mengekstradisi seorang pria yang disebut sebagai cucu dari Saddam Hussein ke Irak. Pria tersebut dituduh terlibat dalam pembantaian oleh kelompok Negara Islam, kata satu sumber keamanan, Sabtu.

Dilansir AFP, Minggu (13/11/2022), pria yang disebut cucu Saddam Hussein itu bernama Abdullah Sabawi. Dia diekstradisi pada hari Jumat. Sumber keamanan Irak menyebut kalau Sabawi merupakan "putra keponakan" dari diktator yang dieksekusi.

"Dia dituduh menjadi anggota ISIS dan berpartisipasi dalam pembantaian Speicher" tahun 2014, di mana hingga 1.700 kadet angkatan udara dieksekusi oleh kelompok jihad, sumber tersebut menambahkan.

Sebuah sumber peradilan Libanon mengatakan Sabawi, lahir pada tahun 1994, "ditahan pada 11 Juni" menyusul pemberitahuan Interpol yang menyerukan penangkapannya atas dugaan keterlibatannya dalam pembantaian itu.

"Irak meminta ekstradisinya," tambah sumber Libanon itu.

Keluarga Sabawi telah membantah tuduhan itu, mengatakan kepada AFP bahwa dia berada di Yaman pada saat pembunuhan itu.

Pembantaian Camp Speicher dianggap sebagai salah satu kejahatan terburuk ISIS setelah mengambil alih sebagian besar Irak pada tahun 2014.

Rekaman video yang dirilis oleh IS menunjukkan pembantaian gaya perakitan di mana orang-orang bersenjata menggiring korban mereka menuju tepi sungai Tigris. Kemudian menembak mereka di bagian belakang kepala dan mendorong mereka ke sungai satu demi satu.

Puluhan orang telah dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan Irak atas keterlibatan mereka dalam pembunuhan dan banyak dari mereka telah dieksekusi.

Lihat juga Video: Michel Aoun Tinggalkan Jabatan Presiden Lebanon Tanpa Pengganti

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT