Pemilihan Senator Georgia Berlanjut ke Putaran Kedua pada Desember

ADVERTISEMENT

Pemilu Sela AS

Pemilihan Senator Georgia Berlanjut ke Putaran Kedua pada Desember

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 10 Nov 2022 15:51 WIB
Signs are pictured outside of a polling station at C.T. Martin Natatorium and Recreation Center during the US midterm election, in Atlanta, Georgia on November 8, 2022. (Photo by TAMI CHAPPELL / AFP)
Pemilihan Senator Georgia antara Raphael Warnock dari Partai Demokrat dan Herschel Walker dari Partai Republik berlanjut ke putaran kedua 6 Desember (AFP/TAMI CHAPPELL)
Washington DC -

Kendali atas Senat Amerika Serikat (AS) kemungkinan tidak akan bisa diketahui dalam waktu dekat. Penyebabnya, pemilihan Senat di negara bagian Georgia diprediksi akan berlanjut ke putaran kedua pada Desember mendatang, karena tidak ada kandidat yang perolehan suaranya melampaui 50 persen.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (10/11/2022), perebutan suara antara kandidat petahana Raphael Warnock dari Partai Demokrat dan penantangnya Herschel Walker dari Partai Republik dalam pemilu sela 8 November berlangsung sangat ketat.

Dengan lebih dari 99 persen suara telah dihitung, Warnock unggul tipis atas Walker. Namun data Edison Research menunjukkan perolehan suara Warnock belum melampaui ambang batas 50 persen yang diperlukan untuk menghindari putaran kedua.

Oleh karena itu, otoritas negara bagian Georgia mengumumkan pemilihan Senat berlanjut ke putaran kedua pada 6 Desember mendatang.

"Sementara para pejabat daerah masih melakukan upaya-upaya terperinci untuk menghitung suara, kami merasa aman untuk mengatakan akan ada putaran selanjutnya bagi pemilihan Senat AS di sini, di Georgia, yang dijadwalkan pada 6 Desember," ucap kepala operasional Sekretaris Negara Bagian Georgia, Gabe Sterling, dalam pernyataan via Twitter pada Rabu (9/11) waktu setempat.

Satu kandidat lainnya, atau kandidat ketiga, Chase Oliver, dari Partai Libertarian hanya meraup 2 persen suara.

Diketahui bahwa Warnock (53) merupakan seorang pendeta pada Gereja Baptis Ebenezer, yang pernah menjadi tempat khotbah mendiang tokoh hak sipil Martin Luther King Jr. Sementara Walker (60) merupakan seorang mantan bintang futbol yang pencalonannya didukung oleh mantan Presiden Donald Trump.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT