Amerika Cs Anggap Rusia Buang-buang Waktu Dewan Keamanan PBB

ADVERTISEMENT

Amerika Cs Anggap Rusia Buang-buang Waktu Dewan Keamanan PBB

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 28 Okt 2022 11:42 WIB
Russian Ambassador to the United Nations Vasily Nebenzya speaks during a meeting of the U.N. Security Council members to focus on Moscows accusation that there are
Rapat Dewan Keamanan PBB membawa tuduhan Rusia soal program biologi militer AS di Ukraina (REUTERS/Eduardo Munoz)
New York -

Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya mengecam Rusia yang dianggap membuang-buang waktu dalam rapat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Moskow dituduh menyebarkan konspirasi dengan sekali lagi melontarkan tuduhan soal AS memiliki 'program biologi militer' di Ukraina.

"Berapa banyak omong kosong lagi yang harus kita hadapi?" tanya Duta Besar Inggris untuk PBB Barbara Woodward kepada forum Dewan Keamanan PBB, seperti dilansir Reuters, Jumat (28/10/2022).

Rusia sebelumnya dua kali mengangkat isu program senjata biologi di Ukraina dalam forum Dewan Keamanan PBB. Baik AS maupun Ukraina telah membantah mereka memiliki program senjata biologi yang dituduhkan Moskow.

Otoritas Rusia kini mendorong adanya penyelidikan resmi atas kecurigaannya itu. Bahkan Moskow menyusun draf resolusi Dewan Keamanan PBB untuk membentuk sebuah komisi khusus -- yang terdiri atas 15 anggota Dewan Keamanan PBB -- untuk menyelidiki klaim-klaimnya itu.

Langkah semacam itu dimungkinkan, namun tidak pernah diaktifkan sebelumnya, di bawah Konvensi Senjata Biologi yang berlaku sejak tahun 1975.

Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield menggambarkan tuduhan Rusia itu sebagai 'murni rekayasa yang diajukan tanpa sedikit pun bukti'.

Para pejabat otoritas perlucutan senjata PBB sejak lama mengatakan tidak mengetahui adanya program senjata biologi apa pun di Ukraina.

Lihat juga Video: Jokowi Nyatakan RI Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT