5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Okt 2022 18:15 WIB
New leader of Britains Conservative Party Rishi Sunak waves outside the partys headquarters in London, Britain, October 24, 2022. REUTERS/Henry Nicholls     TPX IMAGES OF THE DAY
PM baru Inggris Rishi Sunak (Foto: (Reuters/Henry Nicholls))
Jakarta -

Perdana Menteri Inggris sekarang diisi oleh Rishi Sunak. Dia menduduki posisi tersebut menggantikan Liz Truss yang mundur dari posisi tersebut. Rishi Sunak merupakan PM Inggris pertama keturunan India sekaligus yang termuda sejak 1812.

Lantas, siapa sosok Rishi Sunak sebenarnya? Simak informasi profil Rishi Sunak yang kini menjabat Perdana Menteri Inggris baru.

Sebelum menjabat Perdana Menteri Inggris sekarang, Rishi Sunak merupakan mantan Menteri Keuangan Inggris. Seperti dilansir Reuters, dia menjadi Perdana Menteri ketiga Inggris dalam waktu kurang dari dua bulan. Sunak bertugas memulihkan stabilitas negara yang terguncang akibat gejolak politik dan ekonomi selama bertahun-tahun.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (25/10/2022):

- Jet Tempur Tewaskan 80 Orang di Konser, Ini Kata Junta Myanmar

Otoritas junta Myanmar memberikan tanggapannya atas gempuran jet-jet tempur militer yang menewaskan sedikitnya 80 orang dalam konser musik di wilayah Kachin. Junta Myanmar membantah telah membombardir konser musik itu, namun menyebut pasukannya menyerang markas Tentara Kemerdekaan Kachin (KIA).

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (25/10/2022), kantor informasi pemerintah militer Myanmar mengonfirmasi, pada Senin (24/10) tengah malam, soal adanya serangan terhadap apa yang disebutnya sebagai markas Brigadir ke-9 Tentara Kemerdekaan Kachin.

Disebutkan kantor informasi pemerintah militer Myanmar bahwa serangan itu merupakan 'operasi yang diperlukan' untuk merespons aksi-aksi 'teroris' yang dilakukan kelompok Kachin.

Namun kantor informasi pemerintah militer Myanmar membantah pihaknya telah menyerang sebuah konser di Kachin dan menyebut laporan banyaknya korban tewas sebagai 'rumor'.

- Presiden Ukraina Kecam Sikap Netral Israel Atas Invasi Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengecam netralitas Israel dalam perang Ukraina-Rusia. Dia menyebut keputusan para pemimpin Israel untuk tidak mendukung Ukraina telah mendorong kemitraan militer Rusia dengan Iran.

"Aliansi mereka ini tidak akan terjadi jika para politisi Anda hanya membuat satu keputusan pada saat itu ... tampaknya itu diadopsi sejak lama - pada tahun 2014, ketika Rusia memulai agresi terhadap Ukraina," kata Zelensky dalam sebuah konferensi yang diselenggarakan oleh surat kabar Israel, Haaretz.

"Keputusan untuk 'tidak mengusik' Kremlin, tidak membantu Ukraina secara nyata, memungkinkan aliansi antara Moskow dan Teheran," cetus Zelensky dalam pidatonya seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (25/10/2022).

- Ngeri! Baju Terjepit Pintu Kereta, Pria AS Terseret hingga Tewas

Sebuah insiden mengerikan terjadi di New York, Amerika Serikat (AS), ketika seorang pria muda mendapati pakaiannya terjepit pintu kereta bawah tanah dan membuatnya terseret di sepanjang rel. Pria itu tewas setelah tertabrak rangkaian kereta lainnya yang melaju dari arah berlawanan.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (25/10/2022), identitas pria yang tewas itu tidak diungkap ke publik. Hanya disebutkan kepolisian setempat bahwa pria itu berusia 20 tahun dan berasal dari New Jersey.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT