Siapa Perdana Menteri Inggris Sekarang? Ini Profil Rishi Sunak

ADVERTISEMENT

Siapa Perdana Menteri Inggris Sekarang? Ini Profil Rishi Sunak

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Okt 2022 12:25 WIB
Siapa Perdana Menteri Inggris Sekarang? Ini Profil Rishi Sunak
Siapa Perdana Menteri Inggris Sekarang? Ini Profil Rishi Sunak | Foto: Getty Images/Dan Kitwood
Jakarta -

Perdana Menteri Inggris sekarang diisi oleh Rishi Sunak. Dia menduduki posisi tersebut menggantikan Liz Truss yang mundur dari posisi tersebut. Rishi Sunak merupakan PM Inggris pertama keturunan India sekaligus yang termuda sejak 1812.

Lantas, siapa sosok Rishi Sunak sebenarnya? Simak informasi profil Rishi Sunak yang kini menjabat Perdana Menteri Inggris baru.

Profil Rishi Sunak: Perdana Menteri Inggris Sekarang

Sebelum menjabat Perdana Menteri Inggris sekarang, Rishi Sunak merupakan mantan Menteri Keuangan Inggris. Seperti dilansir Reuters, dia menjadi Perdana Menteri ketiga Inggris dalam waktu kurang dari dua bulan. Sunak bertugas memulihkan stabilitas negara yang terguncang akibat gejolak politik dan ekonomi selama bertahun-tahun.

Sunak merupakan salah satu politisi terkaya di Westminster. Kini sebagai Perdana Menteri baru Inggris, dia akan diminta untuk membentuk pemerintahan oleh Raja Charles III, menggantikan Liz Truss yang mundur usai sekitar 45 hari menjabat.

Rishi Sunak menjadi perhatian nasional ketika, pada usia 39 dirinya menjadi Menteri Keuangan di bawah Johnson tepat ketika pandemi COVID-19 melanda Inggris. Dia mengembangkan skema cuti yang berhasil.

Keluarga Sunak bermigrasi ke Inggris pada 1960-an, periode ketika banyak orang dari bekas jajahan Inggris pindah ke negara itu untuk membantunya membangun kembali setelah Perang Dunia Kedua.

Setelah lulus dari Universitas Oxford, Sunak melanjutkan pendidikan ke Universitas Stanford. Di sana dia bertemu dengan istrinya Akshata Murthy, yang ayahnya adalah miliarder India NR Narayana Murthy, pendiri raksasa outsourcing Infosys Ltd.

Siapa Perdana Menteri Inggris Sekarang? Ini Profil Rishi SunakSiapa Perdana Menteri Inggris Sekarang? Ini Profil Rishi Sunak | Foto: Getty Images/Jeff J Mitchell

Sosok Rishi Sunak: Pendidikan dan Karir Politik

Dilansir BBC, Rishi Sunak lahir di Southampton, Inggris, pada tahun 1980. Sunak tumbuh dengan mengikuti sekolah swasta, kemudian menempuh pendidikan tinggi di Universitas Oxford, Inggris lalu Stanford, Amerika Serikat.

Pada tahun 2015, Rishi Sunak menjadi anggota parlemen. Dan, pada Februari 2020, Sunak menjadi menteri keuangan Inggris di bawah Perdana Menteri kala itu Boris Johnson.

Di masa awal jabatannya, Sunak sudah harus menghadapi pandemi, menghabiskan banyak uang untuk menjaga keberlangsungan perekonomian, yang melambungkan popularitasnya.

Meski begitu, reputasi Rishi Sunak sempat ternoda setelah adanya kontroversi soal pajak dari istrinya, dan tak lama dia juga didenda karena melanggar aturan karantina wilayah.

Pada Oktober 2022, Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri Inggris sekarang menggantikan Liz Truss yang mundur dari posisi tersebut setelah 45 hari menjabat.

Berikut ini biodata Rishi Sunak:

  • Nama: Rishi Sunak
  • Tempat Lahir: Southampton, Inggris
  • Tahun Lahir: 1980
  • Umur: 42 tahun
  • Asal Orang Tua: Afrika Timur
  • Keturunan: India (Asia)
  • Pasangan: Akshata Murthy
  • Jabatan Sebelumnya: Menteri Keuangan Inggris (2020-2022)
  • Jabatan Sekarang: Perdana Menteri Inggris

Dalam pidato pertama setelah kemenangannya, Rishi Sunak mengatakan dia "merasa mendapatkan kehormatan dan bangga" memperoleh dukungan dari kolega-kolega anggota parlemen Partai Konservatif dan dipilih sebagai pemimpin.

"Ini merupakan kehormatan terbesar selama hidup saya untuk bisa mengabdi kepada partai yang saya cintai dan membalas budi kepada negara yang telah memberikan begitu banyak," kata Sunak.

Dia direncanakan akan diundang oleh Raja Charles III untuk diminta membentuk pemerintahan. Audiensi ini biasa dilakukan sebelum Perdana Menteri Inggris sekarang menjabat secara resmi. Acara itu dijadwalkan berlangsung pada Selasa (25/10).

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT