Penembakan Salah Sasaran di Texas: Identitas Korban Hingga Pelaku Ditangkap

ADVERTISEMENT

Penembakan Salah Sasaran di Texas: Identitas Korban Hingga Pelaku Ditangkap

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 10 Okt 2022 12:17 WIB
Penembakan salah sasaran di Texas menewaskan satu warga sipil. Ia adalah Novita Kurnia Putri, seorang warga negara Indonesia (WNI) asal Semarang, Jawa Tengah.
Ilustrasi penembakan (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Insiden penembakan salah sasaran di Texas menewaskan satu orang warga sipil. Ia adalah Novita Kurnia Putri, seorang warga negara Indonesia (WNI) asal Semarang, Jawa Tengah.

Berikut informasi selengkapnya yang telah dirangkum oleh detikcom.

Lokasi dan Waktu Penembakan Salah Sasaran di Texas

Koordinator Fungsi Pensosbud, Konsulat Jenderal RI Houston, Texas, Mohamad Kamal, menyebutkan insiden itu terjadi di San Antonio, Texas pada Selasa, (4/10/2022). Peristiwa tersebut menimbulkan korban seorang WNI bernama Novita Kurnia Putri.

"Peristiwa tersebut terjadi pada 4 Oktober 2022 di San Antonio, Texas, kurang lebih 3 jam dari tempat saya berada di Houston, dan yang menjadi korban WNI atas nama Novita Kurnia Putri (NKP). Pihak KJRI Houston setelah mendapatkan laporan tersebut langsung menuju ke TKP dan telah bertemu dengan suami korban WN Amerika," kata Kamal, dikutip detikcom, Senin (10/10/2022).

Penembakan salah sasaran di Texas menewaskan satu warga sipil. Ia adalah Novita Kurnia Putri, seorang warga negara Indonesia (WNI) asal Semarang, Jawa Tengah.Penembakan salah sasaran di Texas menewaskan satu warga sipil. Ia adalah Novita Kurnia Putri, seorang warga negara Indonesia (WNI) asal Semarang, Jawa Tengah. (Foto: detikcom/Internet)

Korban Salah Tembak: WNI Asal Semarang

Novita Kurnia Putri diketahui berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Salah satu kerabat Novita, Maria Fransisca, mengatakan kondisi keluarga Novita masih sangat terpukul.

"Di Kota Semarang betul. Di Semarang saja karena keluarga masih sangat terpukul sekali, bapak ibunya nangis-nangis," kata Maria.

Pelaku Penembakan Ditangkap

Pelaku penembakan adalah dua remaja yang sedang melakukan pencurian mobil di sekitar lokasi kejadian. Polisi sempat mengejar kedua pelaku dengan helikopter sebelum akhirnya tertangkap.

"Info dari Kepolisian, pelaku tidak lama setelah peristiwa tersebut ditangkap setelah dilakukan pengejaran dengan mobil dan helikopter," kata Koordinator Fungsi Pensosbud, KJRI Houston, Mohamad Kamal.

Kedua pelaku tersebut adalah:

  1. Remaja usia 14 tahun
  2. Remaja usia 15 tahun.

Jenazah Novita akan Dipulangkan ke Indonesia

Pihak KJRI akan membantu kepulangan jenazah Novita. Hal ini sesuai dengan permintaan keluarga korban.

"Saat ini KJRI Houston sedang berusaha membantu untuk bisa memulangkan jenazah NKP ke Indonesia sesuai permintaan pihak keluarga di Indonesia," kata Koordinator Fungsi Pensosbud KJRI Houston Mohamad Kamal, dikutip detikcom, Senin (10/10/2022).

Kamal mengatakan Konsul Jenderal RI Houston Andre Omer Siregar sudahbertemu dengan Secretary of State di Austin untuk mempercepat proses pemulangan Novita, korban penembakan salah sasaran di Texas, Amerika Serikat.

"Untuk mempercepat proses pemulangan jenazah tersebut, Konjen RI Houston juga sudah bertemu dengan Secretary of State di Austin, Texas, untuk mempercepat proses administrasi pemulangan jenazah NKP," ungkap Kamal.

Lihat juga video '55 WNI yang Disekap di Kamboja Berhasil Diselamatkan':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT