ADVERTISEMENT

AS-Korsel Gelar Latihan Kapal Induk Usai Korut Tembakkan Rudal

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 12:09 WIB
U.S. Navy aircraft carrier USS Ronald Reagan is anchored at a port in Busan, South Korea, September 23, 2022. REUTERS/Daewoung Kim/File Photo
Kapal induk AS USS Ronald Reagan berlabuh di Busan, Korsel (REUTERS/Daewoung Kim/File Photo)
Seoul -

Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) menggelar latihan maritim gabungan dengan kapal induk AS pada Jumat (7/10) waktu setempat. Latihan gabungan itu digelar setelah Korsel mengerahkan sejumlah jet tempur untuk merespons latihan pengeboman yang dilakukan Korea Utara (Korut).

Seperti dilansir Reuters, Jumat (7/10/2022), Kepala Staf Gabungan Korsel dalam pernyataannya menyebut latihan maritim gabungan yang melibatkan kapal induk AS, USS Ronald Reagan, itu akan digelar di perairan lepas pantai timur Korsel pada 7-8 Oktober.

Latihan gabungan itu digelar setelah Korut meluncurkan dua rudal balistik yang jatuh ke lautan pada Kamis (6/10) waktu setempat, kemudian menerbangkan sejumlah pesawat militer ke dekat perbatasan dengan Korsel.

"Kami akan terus memperkuat kemampuan operasional dan kesiapan kami untuk merespons setiap provokasi oleh Korea Utara melalui latihan gabungan dengan ... Kelompok Serbu USS Ronald Reagan," demikian pernyataan Kepala Staf Gabungan Korsel.

Kelompok serbu AS sudah berpartisipasi dalam latihan pertahanan rudal tiga negara dengan kapal-kapal perang Jepang dan Korsel pekan ini, yang dipicu oleh uji coba rudal balistik Korut yang ditembakkan hingga melintasi wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

Para pejabat pertahanan senior dari Jepang, Korsel dan AS membahas perkembangan situasi dalam percakapan telepon pada Jumat (7/10) waktu setempat.

Menurut Kementerian Pertahanan Korsel, ketiga negara itu mengecam peluncuran rudal Korut dan menyepakati bahwa latihan maritim terbaru telah meningkatkan kemampuan dalam merespons provokasi Korut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT