Ukraina Berhasil Rebut Kembali Puluhan Desa dari Pasukan Rusia

ADVERTISEMENT

Ukraina Berhasil Rebut Kembali Puluhan Desa dari Pasukan Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 09:47 WIB
Ukraines President Volodymyr Zelenskiy attends a news conference, amid Russias attack on Ukraine, in Kyiv, Ukraine August 23, 2022.REUTERS/Gleb Garanich
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (dok. REUTERS/Gleb Garanich)
Kiev -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim pasukan Kiev telah mendapatkan pencapaian yang 'cepat dan kuat' di wilayah Ukraina bagian selatan. Zelensky menyebut 'puluhan' desa di wilayah itu berhasil direbut kembali dari pendudukan pasukan Rusia.

"Militer Ukraina dengan cukup cepat dan kuat bergerak maju di wilayah selatan," klaim Zelensky dalam pernyataan terbaru via media sosial, seperti dilansir AFP, Rabu (5/10/2022).

Dia menambahkan bahwa 'puluhan permukiman' telah berhasil direbut kembali dari Rusia di wilayah selatan dan timur Ukraina.

Beberapa wilayah yang berhasil direbut kembali itu, sebut Zelensky, terletak di wilayah Kherson, Luhansk, dan Donetsk, yang secara resmi dicaplok Rusia pekan lalu.

Pencaplokan dilakukan setelah referendum digelar di wilayah-wilayah Ukraina itu dan hasilnya diklaim menunjukkan dukungan kuat untuk Moskow. Otoritas Kiev dan negara-negara Barat mengecam referendum itu sebagai referendum palsu.

Menurut peta-peta yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia, area-area permukiman yang diklaim Zelensky berhasil direbut kembali itu merujuk pada delapan permukiman yang terletak di wilayah Kherson, di mana pasukan Moskow menarik diri setelah menghadapi serangan balik pasukan Ukraina.

Simak Video: Rusia Klaim Telah Rekrut 200.000 Pasukan Cadangan Dalam 2 Pekan

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT