Ancaman Bom di Pesawat Maskapai Iran, Jet Tempur India Dikerahkan

ADVERTISEMENT

Ancaman Bom di Pesawat Maskapai Iran, Jet Tempur India Dikerahkan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 15:51 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Bahadur Ali)
Jakarta -

Jet-jet tempur India dikerahkan pada hari Senin (3/10) setelah adanya ancaman bom di atas sebuah pesawat maskapai Iran yang ternyata palsu. Demikian disampaikan Angkatan Udara India (IAF) dalam sebuah pernyataan.

"Pesawat tempur IAF dikerahkan, yang membuntuti pesawat tersebut pada jarak yang aman. Pesawat itu ditawari opsi untuk mendarat di Jaipur & kemudian, di Chandigarh," kata IAF dalam pernyataannya, merujuk pada dua bandara di wilayah India utara.

Dilansir kantor berita AFP, Senin (3/10/2022), Angkatan Udara India dalam pernyataannya menyebut pilot tidak mau mengalihkan ke salah satu bandara tersebut. Setelah itu ada instruksi yang menyatakan untuk mengabaikan ancaman bom yang ternyata palsu itu.

"Setelah beberapa saat, kepastian diterima dari Teheran untuk mengabaikan ketakutan akan bom, setelah itu, pesawat melanjutkan perjalanannya menuju tujuan akhirnya," kata pernyataan itu.

Pesawat Airbus A340 yang dioperasikan oleh maskapai Iran, Mahan Air tersebut berangkat dari ibu kota Iran, Teheran ke Guangzhou di China. Pesawat tersebut memiliki kapasitas antara 320 dan 475 penumpang.

Situs pelacak penerbangan menunjukkan bahwa pesawat melakukan beberapa putaran di udara di wilayah barat ibu kota India, New Delhi, sebelum menuju ke timur menuju tujuan akhirnya.

Simak juga Video: Protes Kematian Mahsa Amini, Mahasiswa Iran Bentrok dengan Aparat

[Gambas:Video 20detik]




(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT