Traktor Bawa Peziarah di India Terguling ke Kolam, 26 Orang Tewas

ADVERTISEMENT

Traktor Bawa Peziarah di India Terguling ke Kolam, 26 Orang Tewas

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 02 Okt 2022 14:06 WIB
ilustrasi kecelakaan
Ilustrasi (Foto: Dok.Detikcom)
Jakarta -

Sebuah traktor trailer yang membawa peziarah di India terbalik dan jatuh ke kolam. Kejadian itu menewaskan 26 orang dan melukai 16 orang lainnya, kata para pejabat.

Dilansir AFP Minggu (2/10/2022), trailer itu membawa sekitar 50 orang. Kebanyakan penumpangnya wanita dan anak-anak. Insiden itu terjadi tepatnya di Kanpur di negara bagian utara Uttar Pradesh pada Sabtu, kata pejabat senior setempat Sudheer Kumar.

"Dua puluh enam orang tewas dalam insiden itu," kata Kumar.

Kecelakaan lalu lintas sering terjadi di India dengan lebih dari 150.000 orang tewas tahun lalu, atau lebih dari 400 per hari, menurut statistik resmi yang kemungkinan angkanya terlalu rendah.

Orang-orang yang diangkut dengan trailer traktor juga umum terjadi, terutama di daerah pedesaan, di jalan yang sering tidak dirawat dengan baik di mana peraturan keselamatan dan lalu lintas kurang diperhatikan.

Perdana Menteri Narendra Modi menyampaikan belasungkawa setelah insiden terbaru yang terjadi saat traktor dalam perjalanan kembali dari kuil Hindu.

"Tertekan oleh kecelakaan traktor-troli yang terjadi di Kanpur. Pikiran saya bersama semua orang yang kehilangan orang-orang terdekat dan tersayang dan doa bersama yang terluka," kata Modi dalam cuitannya.

Ketua Menteri Uttar Pradesh Yogi Adityanath mengatakan kendaraan semacam ini -- traktor yang menarik gerobak besar -- harus digunakan hanya untuk mengangkut barang pertanian dan kargo, bukan orang, menurut surat kabar The Hindu.

"Kecelakaan jalan raya di distrik Kanpur sangat menyayat hati," katanya.

(eva/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT