Sosok Jackie Walorski, Mendiang Politikus yang Dipanggil-panggil Biden

ADVERTISEMENT

Sosok Jackie Walorski, Mendiang Politikus yang Dipanggil-panggil Biden

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 02 Okt 2022 12:44 WIB
NEW YORK, NEW YORK - SEPTEMBER 21: U.S. President Joe Biden speaks during the 77th session of the United Nations General Assembly (UNGA) at U.N. headquarters on September 21, 2022 in New York City. During his remark Biden condemned Russia for its invasion in Ukraine and discussed the United States investment in combatting climate change. After two years of holding the session virtually or in a hybrid format, 157 heads of state and representatives of government are expected to attend the General Assembly in person.   Anna Moneymaker/Getty Images/AFP (Photo by Anna Moneymaker / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
Joe Biden (Foto: Getty Images via AFP/ANNA MONEYMAKER)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memanggil seorang politikus dari Partai Repubik Jackie Walorski dalam pidatonya. Padahal Jackie Walorski sudah meninggal dalam kecelakaan Agustus lalu. Siapa sosok Jackie Walorski?

Dilansir dari situs Biographical Directory of the United States Congress Minggu (2/10/2022), Walorski lahir pada 17 Agustus 1963. Dia lulus dari James Whitcomb Riley High School South Bend, Indiana, pada 1981.

Kemudian dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Taylor, Upland, Indiana dan lulus tahun 1985. Walorski pernah menjadi seorang wartawan sebelum dia menjabat sebagai anggota dewan negara bagian Indiana. Dia menjadi anggota dewan di negara tersebut pada 2004-2010.

Warloski pernah gagal dalam pemilihan ke-112 Kongres pada tahun 2010. Dia terpilih sebagai Republikan ke-114 dan menjabat sampai kematiannya (3 Januari 2013-3 Agustus 2022).

Warloski meninggal pada 3 Agustus 2022, di Elkhart County, Indiana, karena kecelakaan mobil. Dia dimakamkan di Southlawn Cemetery, South Bend, Indiana.

Dilansir CNN, Walorski meninggal dalam kecelakaan kendaraan. menurut pernyataan dari Kantor Sheriff Kabupaten Elkhart.

Kantor Sheriff mengatakan bahwa saksi mata dan video menunjukkan Toyota Rav 4 perak bepergian ke utara, dan dikendarai oleh Potts, 27, melintasi garis tengah.

"Toyota RAV 4 melintasi garis tengah untuk alasan yang tidak diketahui saat ini dan kedua kendaraan itu bertabrakan," kata ECSO dalam rilis terbarunya.

Pengemudi mobil lainnya, Edith Schmucker yang berusia 56 tahun, juga tewas akibat kecelakaan itu.

Joe Biden Panggil Jackie Walorski

Joe Biden melakukan tindakan aneh saat berpidato, yakni memanggil orang yang sudah meninggal. Tindakan Biden itu kemudian menimbulkan pertanyaan.

Dilansir Reuters dan AFP, Jumat (30/9/2022), momen tidak biasa itu terjadi ketika Biden menghadiri sebuah konferensi di Washington DC pekan ini. Biden sempat menyebut dan mencari-cari seorang politikus Partai Republik, Jackie Walorski.

Biden mengira Walorski hadir di antara penonton. Biden bahkan sempat mencari-cari dengan memanggil Walorski di tengah-tengah pidatonya pada sebuah konferensi yang membahas pangan dan kelaparan pada Kamis (29/9) waktu setempat.

Walorski yang disebut-sebut Biden dalam pidatonya merupakan salah satu pencetus konferensi tersebut.

Biden saat itu juga merilis pernyataan yang menyatakan dirinya 'terkejut dan sedih'. Namun kini, Biden tiba-tiba memanggil nama Walorski saat mengucapkan terima kasih kepada para penyelenggara konferensi.

"Jackie, apakah Anda ada di sini? Di mana Jackie?" ucap Biden yang berusia 79 tahun ini.

Dalam momen itu, Biden memanggil nama Walorski sembari mencari-cari di kerumunan penonton. Biden kemudian melanjutkan pidatonya tanpa mengoreksi dirinya bahwa Walorski sudah meninggal.

"Saya pikir dia akan berada di sini," ujarnya.

(eva/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT