Deret Tragedi Sepakbola Terkelam di Dunia, Kanjuruhan Malang Termasuk

ADVERTISEMENT

Deret Tragedi Sepakbola Terkelam di Dunia, Kanjuruhan Malang Termasuk

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 02 Okt 2022 13:23 WIB
Suporter Arema FC memasuki lapangan setelah tim yang didukungnya kalah dari Persebaya dalam pertandingan sepak bola BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.
Foto-foto Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, (Foto: ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)
Jakarta -

Peristiwa kerusuhan di Stadion Sepak Bola Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, mengakibatkan 130 orang tewas dan ratusan orang luka-luka. Tragedi di stadion sepak bola ini bukan pertamanya terjadi di dunia.

AFP, kantor berita Perancis, memberitakan tragedi Kanjuruhan seperti dilansir Minggu (2/10/2022). AFP memberitakan tragedi sepakbola terkelam di stadion sepakbola yang juga menelan banyak korban. Kejadian itu terjadi di beberapa negara. Berikut rangkuman tragedi stadion sepak bola yang pernah terjadi seperti dilansir AFP:

Peru

24 Mei 1964

- 320 orang tewas dan lebih dari 1.000 terluka saat terinjak-injak pada kualifikasi Olimpiade Peru-Argentina di Stadion Nasional Lima. Para supporter diinjak-injak atau sesak napas.

Rusia

20 Oktober 1982

- Misteri masih menyelimuti jumlah total yang tewas pada akhir pertandingan Piala UEFA antara Spartak Moscow dan tim Belanda Haarlem di Stadion Luzniki akibat terlindas tangga. Menurut surat kabar harian Sovietski Sport jumlah orang tewas sebanyak 340 orang.

Ghana

9 Mei 2001

- 126 orang tewas di Accra pada akhir pertandingan antara Hearts of Oaks dan Kumasi, ketika pendukung Kumasi, yang marah dengan kekalahan tim mereka, melemparkan proyektil dan merusak kursi. Polisi melemparkan granat gas air mata, memicu penyerbuan.

Inggris

15 April 1989

- Kekaguman di tribun penonton di Stadion Hillsborough Sheffield Wednesday menyebabkan kematian 97 penggemar Liverpool saat semifinal Piala FA melawan Nottingham Forest.

11 Mei 1985

- 56 orang tewas ketika kebakaran terjadi di tribun kayu selama pertandingan antara Bradford dan Lincoln City.

Guatemala

16 Oktober 1996

- Sekitar 80 penonton kehilangan nyawa mereka setelah dihancurkan oleh para penggemar yang menumpuk di tribun Stadion Nasional Mateo Flores untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia 1998 antara Guatemala dan Kosta Rika.

Simak selengkapnya di halaman berikut

Lihat Video: PSSI Bicara soal Tragedi Stadion Kanjuruhan

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT