AS Bentuk Komando Baru Fokus Persenjatai-Latih Tentara Ukraina

ADVERTISEMENT

AS Bentuk Komando Baru Fokus Persenjatai-Latih Tentara Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 17:10 WIB
The Pentagon is seen from the air in Washington, U.S., March 3, 2022, more than a week after Russia invaded Ukraine. REUTERS/Joshua Roberts/File Photo
Ilustrasi -- Gedung Pentagon di AS (dok. REUTERS/Joshua Roberts/File Photo)
Washington DC -

Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) sedang bekerja membentuk komando baru untuk mengoordinasikan persenjataan dan pelatihan pasukan Ukraina. Komando baru AS ini nantinya akan bermarkas di wilayah Jerman.

Seperti dilansir CNN, Jumat (30/9/2022), pembentukan komando baru untuk koordinasi persenjataan dan pelatihan pasukan Ukraina itu diungkapkan dua sumber pejabat AS yang enggan disebut namanya.

Salah satu sumber menyebut komando baru itu akan berada di bawah Jenderal Christopher Cavoli yang kini menjabat komandan Komando AS di Eropa. Namun nantinya akan dipimpin seorang jenderal bintang tiga.

Komando AS di Eropa diketahui selama ini memimpin upaya multinasional untuk melatih pasukan militer Ukraina dalam menggunakan persenjataan Barat yang canggih dan mengirimkan persenjataan itu ke perbatasan Ukraina.

Disebutkan juga bahwa komando baru itu akan bermarkas di Weisbaden, Jerman.

AS dilaporkan sangat berhati-hati dalam membahas rencana itu, yang ditekankan para pejabat AS bahwa itu bukanlah perubahan besar pada sistem organisasi dan administrasi pengiriman yang kini berlaku. Para pejabat AS itu berhati-hati agar tidak memberikan alasan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengklaim AS sebagai pihak dalam konflik, terlebih adanya retorika dari Kremlin soal ancaman penggunaan senjata nuklir.

Simak juga video 'Biden: AS Tak Akan Pernah Akui Klaim Rusia Atas Wilayah Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



Media terkemuka AS, New York Times, menjadi yang pertama melaporkan komando baru itu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT