Parah! Pemberontak Myanmar Tembaki Pesawat Sipil, Penumpang Terluka

ADVERTISEMENT

Parah! Pemberontak Myanmar Tembaki Pesawat Sipil, Penumpang Terluka

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 15:39 WIB
An Airbus A320 airplane takes off from a runway at Ronald Reagan Washington National Airport in Arlington, Virginia, September 23, 2013. AFP PHOTO / Saul LOEB
Ilustrasi (dok. Saul Loeb/AFP)
Naypyitaw -

Sejumlah pemberontak di Myanmar menembaki sebuah pesawat domestik yang tengah melakukan pendaratan di bandara setempat. Seorang penumpang mengalami luka-luka usai terkena tembakan di bagian wajah.

Seperti dilansir AFP, Jumat (30/9/2022), sebuah peluru menembus badan pesawat milik Myanmar National Airlines tengah menurunkan ketinggian untuk mendarat di Loikaw, ibu kota negara bagian Kayah. Pesawat itu dilaporkan membawa 63 orang saat insiden ini terjadi pada Jumat (30/9) waktu setempat.

Myanmar dilanda kekacauan sejak kudeta militer dilancarkan pada Februari lalu, yang melengserkan pemerintahan sipil yang dipimpin Aung San Suu Kyi. Ribuan orang tewas dalam penindakan keras oleh junta Myanmar terhadap setiap perbedaan pendapat.

Para pemberontak antikudeta bermunculan di berbagai wilayah Myanmar untuk memerangi junta militer. Di beberapa wilayah, para pemberontak bersekutu dengan milisi etnis setempat yang terlibat konflik dengan militer Myanmar selama bertahun-tahun.

Pernyataan junta Myanmar menyebut pesawat yang mengudara dari ibu kota Naypyitaw itu ditembaki saat terbang di ketinggian sekitar 1.000 meter, di lokasi berjarak enam kilometer sebelah utara Bandara Loikaw pada Jumat (30/9) pagi waktu setempat.

Dalam pernyataan itu, junta Myanmar menyalahkan para petempur dari milisi anti-junta dan Partai Progresif Nasional Karenni, sebuah kelompok pemberontak etnis, atas penembakan pesawat sipil itu.

"Seorang penumpang di dalam pesawat mengalami luka-luka di pipi bagian kanan karena tembakan," sebut junta Myanmar dalam pernyataannya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT