Langgar UU Rahasia Negara, Aung San Suu Kyi Divonis 3 Tahun Bui

ADVERTISEMENT

Langgar UU Rahasia Negara, Aung San Suu Kyi Divonis 3 Tahun Bui

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 13:08 WIB
Myanmars State Counsellor Aung San Suu Kyi attends the joint news conference of the Japan-Mekong Summit Meeting at the Akasaka Palace State Guest House in Tokyo, Japan October 9, 2018. Franck Robichon/Pool via Reuters
Aung San Suu Kyi (Franck Robichon/Pool via Reuters)
Naypyitaw -

Satu lagi vonis dijatuhkan kepada mantan pemimpin sipil Myanmar, Aung San Suu Kyi, oleh pengadilan Myanmar yang kini dikuasai junta militer. Suu Kyi dijatuhi vonis tiga tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas dakwaan melanggar undang-undang (UU) rahasia negara.

Bersama dengan Suu Kyi, seorang mantan penasihat ekonominya, Sean Turnell, yang berkewarganegaraan Australia juga dijatuhi hukuman yang sama untuk dakwaan yang sama. Demikian seperti dilansir Reuters, Kamis (29/9/2022).

"Tiga tahun (penjara) masing-masing, tidak ada kerja paksa," sebut seorang sumber yang memahami persidangan kasus tersebut.

Pelanggaran terhadap UU rahasia negara diketahui memiliki ancaman hukuman maksimum 14 tahun penjara.

Baik Suu Kyi maupun Turnell disebutkan sama-sama mengaku tidak bersalah atas dakwaan yang dijeratkan terhadap mereka dalam kasus ini.

Suu Kyi bersama Turnell dan sejumlah anggota tim penasihat ekonomi lainnya termasuk di antara ribuan orang yang ditangkap sejak kudeta militer melengserkan pemerintahan sipil tahun lalu. Banyak politikus, anggota parlemen, birokrat, mahasiswa dan jurnalis ditangkap oleh junta Myanmar.

Selain dalam kasus ini, Suu Kyi sendiri telah dijatuhi hukuman total lebih dari 17 tahun penjara dalam beberapa kasus berbeda, namun kebanyakan berkaitan dengan dakwaan korupsi. Suu Kyi membantah seluruh dakwaan yang dijeratkan kepadanya.

Simak juga video 'Aung San Suu Kyi Divonis 4 Tahun Penjara':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT