Dewan Keamanan PBB Gelar Rapat Bahas Kebocoran Pipa Gas Nord Stream

ADVERTISEMENT

Dewan Keamanan PBB Gelar Rapat Bahas Kebocoran Pipa Gas Nord Stream

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 12:28 WIB
In this image provided by the United Nations, the U.N. Security Council meets for an emergency session on Ukraine, Monday, Feb. 21, 2022, at the U.N. headquarters. (Evan Schneider/United Nations via AP)
Ilustrasi -- Rapat Dewan Keamanan PBB (dok. Evan Schneider/United Nations via AP)
New York -

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) akan menggelar rapat khusus pada Jumat (30/9) besok untuk membahas kebocoran pipa gas Nord Stream. Kebocoran pipa gas di perairan Laut Baltik itu diduga sebagai aksi sabotase, dengan Rusia dan Amerika Serikat (AS) saling tuding.

Seperti dilansir AFP, Kamis (29/9/2022), rapat khusus Dewan Keamanan PBB itu digelar atas permintaan Rusia, yang sebelumnya menuduh AS sebagai dalang utama di balik kebocoran pipa gas itu. Otoritas AS telah membantah tuduhan Rusia itu dan menyebutnya 'konyol'.

"Seperti yang telah diberitahukan oleh Presiden Dewan Keamanan Prancis kepada kita hari ini bahwa Rusia telah meminta digelarnya pertemuan soal kebocoran Nord Stream dan pertemuan ini direncanakan untuk Jumat (30/9)," ucap Menteri Luar Negeri Swedia, Ann Linde, dalam konferensi pers.

Swedia bersama Prancis diketahui memegang presidency Dewan Keamanan PBB untuk bulan ini. Prancis secara terpisah telah mengonfirmasi bahwa pertemuan itu akan digelar Jumat (30/9) besok di markas besar PBB di New York, AS.

Linde juga menyatakan bahwa Denmark dan Swedia telah diminta untuk memberikan informasi kepada para anggota Dewan Keamanan PBB soal kebocoran gas yang terjadi di perairan zona ekonomi eksklusif kedua negara itu.

Secara terpisah, perwakilan Rusia untuk PBB Dmitry Polyanskiy menyatakan via Telegram bahwa pertemuan membahas kebocoran pipa gas Nord Stream itu akan digelar pada Jumat (30/9) sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Diketahui tiga kebocoran gas yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya, yang didahului oleh dua ledakan, terjadi pada jaringan pipa Nord Stream 1 dan 2 yang ada di perairan Laut Baltik pada Senin (26/9) waktu setempat.

Simak Video 'Pakar Jerman Cium Upaya Sabotase di Kebocoran Jalur Pipa Nord Stream':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT