Tentara Cadangan Rusia Mulai Latihan Usai Putin Perintahkan Mobilisasi

ADVERTISEMENT

Tentara Cadangan Rusia Mulai Latihan Usai Putin Perintahkan Mobilisasi

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 13:20 WIB
Russian service members march during a military parade on Victory Day, which marks the 76th anniversary of the victory over Nazi Germany in World War Two, in Red Square in central Moscow, Russia May 9, 2021. REUTERS/Maxim Shemetov/File Photo
Ilustrasi -- Tentara Rusia saat mengikuti parade militer (dok. REUTERS/Maxim Shemetov/File Photo)
Kaliningrad -

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan tentara-tentara cadangan yang baru saja dipanggil untuk bertugas, menyusul perintah mobilisasi militer yang diumumkan Presiden Vladimir Putin, telah memulai latihan tempur di pangkalan Armada Baltik Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (28/9/2022), Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan via saluran Telegram resminya, menyebut latihan tempur telah dimulai untuk tentara cadangan Rusia yang direkrut di wilayah Kaliningrad.

Kaliningrad merupakan bagian wilayah Federasi Rusia yang sangat termiliterisasi di pantai Laut Baltik dan tidak berbagi perbatasan darat dengan Rusia. Kaliningrad justru berbatasan langsung dengan Lithuania dan Polandia, yang menyatakan dukungan untuk Ukraina dalam konflik dengan Moskow.

"Semua personel militer yang dikerahkan telah memenuhi standar untuk menembak dari senjata-senjata ringan," sebut Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya.

"Selain itu, warga yang dipanggil dari pasukan cadangan memulihkan keterampilan mereka dalam pengoperasian dan pemeliharaan senjata, peralatan militer dan peralatan khusus," imbuh pernyataan itu.

Latihan-latihan juga dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menembak dan mempersiapkan para personel militer agar 'percaya diri di medan perang'.

Putin memerintahkan mobilisasi militer parsial pekan lalu, yang diketahui merupakan mobilisasi militer pertama Rusia sejak Perang Dunia II. Mobilisasi itu bisa memicu pengerahan ratusan ribu warga Rusia untuk bertempur di Ukraina, di mana Moskow melancarkan invasi sejak 24 Februari lalu.

Di Kaliningrad yang merupakan daerah kantong Rusia di pantai Baltik yang terletak di antara anggota NATO dan Uni Eropa -- Polandia dan Lithuania, Rusia memiliki kehadiran militer yang signifikan. Terdapat Armada Baltik Rusia dan puluhan ribu tentara di sana, ada juga rudal-rudal berkemampuan nuklir di sana.

Lihat juga video 'Penampakan Warga Rusia Berbondong-bondong Kabur ke Kazakhstan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT