Sudah 194.000 Warga Rusia Kabur karena Tak Mau Dikirim ke Ukraina

ADVERTISEMENT

Sudah 194.000 Warga Rusia Kabur karena Tak Mau Dikirim ke Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 11:53 WIB
People walk next to their cars queuing to cross the border into Kazakhstan at the Mariinsky border crossing, about 400 kilometers (250 miles) south of Chelyabinsk, Russia, Tuesday, Sept. 27, 2022. Officials say about 98,000 Russians have crossed into Kazakhstan in the week since President Vladimir Putin announced a partial mobilization of reservists to fight in Ukraine. (AP Photo)
Antrean panjang kendaraan warga Rusia yang melarikan diri ke negara tetangga (AP Photo)
Moskow -

Aliran warga Rusia yang menghindari mobilisasi militer yang diperintahkan Presiden Vladimir Putin pekan lalu, terus mengalir ke sejumlah negara tetangga Moskow. Lebih dari 194.000 warga Rusia dilaporkan telah melarikan diri ke sedikitnya tiga negara tetangga.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (28/9/2022), Georgia, Kazakhstan dan Finlandia menjadi tujuan favorit kebanyakan warga Rusia yang kabur dari negaranya dalam sepekan terakhir. Kebanyakan dari mereka memilih kabur dengan mobil atau sepeda, namun ada juga yang berjalan kaki hingga ke perlintasan perbatasan.

Banyak pria Rusia yang kabur itu membawa serta keluarga mereka atau hanya sendirian saja.

Eksodus massal warga Rusia dimulai sejak 21 September lalu, usai Putin mengumumkan mobilisasi militer parsial guna membantu operasi militer di Ukraina. Awalnya, warga Rusia ramai-ramai memburu tiket pesawat, yang harganya melonjak dengan hanya sedikit maskapai yang terbang keluar Rusia.

Namun sisanya harus menggunakan kendaraan via jalur darat dan bergabung dengan antrean panjang menuju perbatasan.

Menurut layanan online Yandex Maps, kemacetan lalu lintas menuju Verkhny Lars -- perlintasan perbatasan menuju Georgia dari wilayah Ossetia Utara, Rusia -- membentang sejauh 15 kilometer pada Selasa (27/9) waktu setempat.

Foto dan video di media sosial menunjukkan ratusan orang yang berjalan kaki membentuk antrean panjang di pos pemeriksaan setelah penjaga perbatasan Rusia melonggarkan aturan dan mengizinkan orang-orang menyeberang perbatasan dengan jalan kaki.

Antrean panjang serupa juga terpantau di beberapa perlintasan perbatasan menuju Kazakhstan.

Simak Video 'Penampakan Warga Rusia Berbondong-bondong Kabur ke Kazakhstan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT