ADVERTISEMENT

Kata Zelensky Soal Ancaman Nuklir Putin: Bisa Jadi Kenyataan!

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 16:53 WIB
Ukraines President Volodymyr Zelenskiy attends a joint news conference with Lithuanian President Gitanas Nauseda, as Russias attack on Ukraine continues, in Kyiv, Ukraine July 28, 2022. Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS)
Kiev -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menganggap Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hanya menggertak ketika menegaskan Moskow siap menggunakan senjata nuklir untuk mempertahankan wilayahnya. Menurut Zelensky, ancaman Putin itu 'bisa saja menjadi kenyataan'.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Senin (26/9/2022), Putin menyampaikan ancaman nuklir terselubung dalam pidatonya pada Rabu (21/9) lalu, dengan menyatakan Moskow akan menggunakan senjata apapun untuk melindungi Rusia dan rakyatnya jika integritas wilayahnya terancam.

"Dengar, mungkin kemarin itu gertakan. Sekarang, itu bisa menjadi kenyataan," cetus Zelensky dalam wawancara dengan media terkemuka Amerika Serikat (AS), CBS News, yang dipublikasikan Minggu (25/9) waktu setempat.

"Saya tidak berpikir dia menggertak," imbuhnya merujuk pada Putin. Zelensky sebelumnya mengecilkan ancaman-ancaman serupa sebagai pemerasan nuklir.

Pada Rabu (21/9) lalu, Putin mengumumkan mobilisasi militer parsial dalam upaya memperkuat pasukan untuk operasi militer di Ukraina. Dia menyerukan peningkatan wajib militer, dengan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengonfirmasi Rusia akan memanggil hingga 300.000 tentara cadangan untuk dikerahkan dalam konflik Ukraina.

Menyikapi potensi penggunaan senjata nuklir, Putin dalam pidatonya juga memperingatkan bahwa Rusia akan menggunakan senjata apapun untuk mempertahankan wilayahnya.

"Mereka yang berusaha memeras kami dengan senjata nuklir seharusnya mengetahui bahwa angin juga bisa berbelok ke arah mereka," ucap Putin dengan nada memperingatkan, pekan lalu, seperti dilansir AFP.

"Ini bukan gertakan," tegas Putin saat itu.

Simak Video: Ukraina Klaim Tembak Jatuh Drone Iran di Mykolaiv

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT