Dor! 2 Aksi Penembakan Terjadi di Rusia Hanya dalam Beberapa Jam

ADVERTISEMENT

Dor! 2 Aksi Penembakan Terjadi di Rusia Hanya dalam Beberapa Jam

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 16:30 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Moskow -

Sedikitnya dua penembakan terjadi di wilayah Rusia hanya selang beberapa jam sepanjang Senin (26/9) waktu setempat. Satu penembakan terjadi di pusat mobilisasi militer di Siberia, sedangkan satu penembakan lainnya terjadi di sebuah sekolah di kota Izhevsk, Rusia.

Seperti dilansir AFP, Senin (26/9/2022), insiden penembakan pertama dilaporkan didalangi oleh seorang pria yang meneriakkan penolakan untuk bertempur di Ukraina, sebelum melepas tembakan di sebuah pusat mobilisasi militer di Ust-Ilimsk, Irkutsk, Siberia.

Gubernur Irkutsk Igor Kobzev menyebut seorang komisaris militer -- petugas Partai Komunis yang mendampingi komandan satuan militer di Rusia -- mengalami luka-luka akibat tembakan itu dan kini 'dalam kondisi kritis' di rumah sakit.

Kobzev, seperti dikutip media lokal Moscow Times, menyebut korban diidentifikasi sebagai Alexander Yeliseyev, yang merupakan komisaris militer dan kepala rekrutmen setempat.

Kobzev menambahkan bahwa pelaku penembakan 'segera ditangkap' usai insiden terjadi. Dia tidak menyebut identitas pelaku, namun laporan outlet media lokal yang memiliki hubungan dekat dengan dinas keamanan Rusia mengidentifikasi pelaku sebagai Ruslan Zinin (25).

Zinin kini ditahan di kantor rekrutmen di Ust-Ilimsk, Irkutsk, yang berjarak 5.000 kilometer sebelah timur ibu kota Moskow.

Motif penembakan yang dilakukan Zinin belum diketahui secara jelas.

Namun ibunda Zinin, Marina Zinina, menuturkan kepada situs berita lokal Astra bahwa Zinin 'sangat kesal' karena teman baiknya yang tidak memiliki pengalaman militer menerima panggilan untuk bertugas, meskipun otoritas Rusia berjanji hanya merekrut orang-orang dengan pengalaman militer.

Lihat Video: 6 Orang Tewas dalam Aksi Penembakan di Sekolah Rusia

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT