ADVERTISEMENT

Ejekan Ukraina ke Rusia di Markas PBB

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 22:04 WIB
Russian Foreign Minister Sergei Lavrov holds a news briefing after a session of Foreign Ministers Council of the Shanghai Cooperation Organization (SCO) in Tashkent, Uzbekistan July 29, 2022. Russian Foreign Ministry/Handout via REUTERS
Foto: Menlu Rusia Sergei Lavrov (Reuters)
New York -

Ukraina melontarkan ejekan ke Rusia. Ejekan itu dilontarkan dalam pertemuan anggota Dewan Keamanan (DK) PBB.

Ejekan kepada Rusia itu bermula saat Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergei Lavrov, meninggalkan ruangan usai berpidato dalam pertemuan 15 negara anggota DK PBB. Dalam pidato itu, Lavrov membela perang Rusia di Ukraina.

Lavrov menuduh Ukraina mengancam keamanan Rusia dan "dengan berani menginjak-injak" hak-hak orang Rusia dan para penutur bahasa Rusia di Ukraina. Dia menambahkan bahwa itu semua "hanya mempertegas keputusan untuk melakukan operasi militer khusus tidak dapat dihindari."

Lavrov mengatakan negara-negara yang memasok senjata ke Ukraina dan melatih tentaranya adalah pihak-pihak dalam konflik. Dia menambahkan bahwa "pembuatan konflik yang disengaja oleh Barat secara kolektif tetap tidak dihukum".

Usai berpidato, Lavrov pun langsung pergi. Dengan demikian, Lavrov tidak mendengarkan saat para menteri lain berbicara, termasuk Menlu AS Antony Blinken, Menlu China Wang Yi dan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba.

Sikap Lavrov yang langsung meninggalkan ruangan itu kemudian menuai ejekan dari Menlu Ukraina Dmytro Kuleba. Kuleba menyebut Lavrov melarikan diri.

"Saya melihat hari ini bahwa diplomat Rusia melarikan diri persis seperti pasukan Rusia," cetus Kuleba pada pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang akuntabilitas di Ukraina.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT