ADVERTISEMENT

Puluhan Ribu Warga Austria Demo Memprotes Kenaikan Harga Listrik-Inflasi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 16:00 WIB
Wina, ibu kota Austria ini dinobatkan menjadi kota yang terbaik di dunia (Yoga Endryanto/TRANS7)
Ilustrasi kota Wina, Austria (Yoga Endryanto/TRANS7)
Jakarta -

Puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan di kota-kota di Austria sebagai protes terhadap kenaikan harga listrik, inflasi yang melonjak, dan ketidakmampuan pemerintah untuk menangani krisis biaya hidup yang memburuk dengan cepat.

Dilansir dari Press TV, Kamis (22/9/2022), menurut penyelenggara aksi demo, lebih dari 30.000 orang ambil bagian dalam demonstrasi di seluruh negeri, termasuk sekitar 20.000 orang di ibu kota Wina saja. Mereka meneriakkan slogan-slogan menuntut harga-harga yang lebih rendah, upah yang lebih tinggi, dan pembatasan pada tagihan listrik dan gas.

Aksi protes tersebut diserukan oleh Federasi Serikat Buruh Austria (OGB) dan didukung oleh perwakilan serikat pekerja dan para aktivis hak-hak perempuan.

Laju inflasi negara Eropa tengah itu untuk Agustus telah mencapai 9,3 persen, sedangkan keranjang konsumen (biaya konsumsi rumah tangga dan layanan penting) naik 16 persen dibandingkan tahun lalu, seperti dilansir Zeitung der Arbeit (ZdA).

Melonjaknya harga energi ditambah dengan inflasi yang tak terkendali telah menempatkan warga di bawah kendala berat. Ini terjadi setelah negara-negara Eropa memutuskan hubungan energi mereka dengan Rusia, pemasok utama gas alam ke Eropa, atas konflik Ukraina, yang memicu krisis ekonomi yang parah di benua itu.

Pekan lalu, para pengunjuk rasa berunjuk rasa di Paris, Prancis menuntut pengunduran diri Presiden Prancis Emmanuel Macron. Para demonstran juga menuntut keluarnya negara itu dari Uni Eropa dan NATO karena kenaikan harga energi yang tiba-tiba.

Sebelumnya pada 3 September, sekitar 70.000 orang berunjuk rasa di Praha, Ceko untuk memprotes perhatian berlebihan pemerintah Ceko terhadap Ukraina. Mereka juga menyuarakan penentangan terhadap Uni Eropa dan aliansi militer Barat, NATO.

Simak video 'Hadiah Rp 10 M Buat Pemda yang Mampu Tahan Inflasi Akibat Harga BBM':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT