Harapan Filipina Agar Terpidana Mati Mary Jane Diampuni Indonesia

ADVERTISEMENT

Harapan Filipina Agar Terpidana Mati Mary Jane Diampuni Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Sep 2022 20:03 WIB
Mary Jane
Foto: Bagus Kurniawan/detikom
Jakarta -

Upaya terbaru dilakukan Filipina untuk menyelamatkan terpidana mati kasus narkoba bernama Mary Jane Veloso (31). Filipina meminta grasi untuk Mary Jane yang tengah menunggu eksekusi mati di Indonesia.

Seperti diketahui, Mary Jane Veloso ditangkap di bandara Yogyakarta pada April 2010 setelah kedapatan membawa 2,6 kilogram heroin. Dia mengklaim narkoba tersebut dijahitkan di dalam kopernya tanpa sepengetahuan dirinya.

Selama di persidangan, Mary Jane berkukuh dia tidak bersalah. Dia diadili dan dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan Indonesia.


Filipina Minta Grasi

Seperti dilansir AFP, Rabu (7/9/2022), Sekretaris Pers untuk Presiden Ferdinand Marcos Jr mengungkapkan bahwa permintaan grasi untuk Mary Jane itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Filipina Enrique Manalo saat bertemu Menlu Indonesia Retno Marsudi di Jakarta, pekan ini.

Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) dan perwakilan buruh migran dari Filipina, menggelar aksi di depan Istana Negara, Senin (27/4/2015) malam. Mereka mendesak Presiden Joko Widodo untuk menghentikan proses hukuman mati karena Mary Jane adalah korban dari perdagangan manusia. Agung Pambudhy/Detikcom.Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) dan perwakilan buruh migran dari Filipina, menggelar aksi di depan Istana Negara, Senin (27/4/2015) malam. Mereka mendesak Presiden Joko Widodo untuk menghentikan proses hukuman mati karena Mary Jane adalah korban dari perdagangan manusia (Agung Pambudhy/detikcom)

Pertemuan Menlu kedua negara digelar di sela-sela kunjungan kenegaraan Marcos Jr ke Indonesia.

"Menteri Luar Negeri Marsudi mengatakan dia akan berkonsultasi dengan Kementerian Hukum dan HAM mengenai masalah ini," ucap Sekretaris Pers Presiden Marcos Jr, Trixie Cruz-Angeles, dalam pernyataan video via Twitter, sembari mengutip Kementerian Luar Negeri Filipina.

Selengkapnya di halaman selanjutnya

Simak juga Video: Momen Jokowi Ajak Marcos Jr Nonton Musik di Sarinah Thamrin

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT