ADVERTISEMENT

Topan Hinnamnor Terjang Korea Selatan, 10 Orang Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 07 Sep 2022 11:53 WIB
7 Fakta Topan Hinnamnor Hantam Korea Selatan hingga Jepang
Topan Hinnamnor menerjang Korea Selatan (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Sedikitnya 10 orang tewas akibat Topan Hinnamnor yang menerjang Korea Selatan (Korsel). Topan yang menerjang wilayah pantai selatan Korsel ini mendatangkan gelombang besar dan hujan lebat minggu ini.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (7/9/2022), topan tersebut merupakan salah satu topan paling kuat yang melanda negara itu dalam beberapa dekade terakhir. Jalan-jalan dan gedung-gedung terendam banjir saat topan ini menerjang pada hari Senin (5/9) dan Selasa (6/9).

Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Pusat menyatakan, di kota pelabuhan Pohang, Korsel tenggara - salah satu daerah yang paling parah terkena dampak -- tujuh jasad dan dua orang yang selamat ditarik keluar dari tempat parkir bawah tanah yang terendam di sebuah kompleks apartemen.

Menurut laporan media setempat, kesembilan orang itu terperangkap setelah mereka pergi ke tempat parkir untuk memindahkan mobil mereka selama hujan lebat.

Operasi pencarian dan penyelamatan terus berlanjut pada hari Rabu (7/9) ini, dan pihak berwenang mengatakan dua orang masih hilang.

Topan Hinnamnor telah memaksa lebih dari 4.700 orang meninggalkan rumah mereka demi keselamatan. Topan ini telah menghancurkan sekitar 12.000 rumah dan bangunan.

Menurut otoritas Korea Selatan, hampir 90.000 rumah tangga mengalami pemadaman listrik secara nasional saat topan menerjang. Namun, pasokan listrik telah kembali pulih untuk sebagian besar dari mereka pada Rabu pagi waktu setempat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT