7 Fakta Topan Hinnamnor Hantam Korea Selatan hingga Jepang

ADVERTISEMENT

7 Fakta Topan Hinnamnor Hantam Korea Selatan hingga Jepang

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 06 Sep 2022 17:08 WIB
7 Fakta Topan Hinnamnor Hantam Korea Selatan hingga Jepang
7 Fakta Topan Hinnamnor Hantam Korea Selatan hingga Jepang | Foto: AP Photo
Jakarta -

Topan Hinnamnor menghantam wilayah Korea Selatan (Korsel) pada hari Selasa (6/9/2022) pagi waktu setempat. Tak hanya di Korsel, topan Hinnamnor juga telah menerjang sebagian wilayah di Jepang. Terjangan topan Hinnamnor ini mengakibatkan sejumlah kerusakan.

Berikut fakta-fakta yang diketahui tentang topan Hinnamnor yang menerjang wilayah Korea Selatan hingga Jepang.

Topan Hinnamnor di Korea Selatan Memicu Berbagai Kerusakan

Topan Hinnamnor menerjang wilayah Korea Selatan pada Selasa (6/9/2022) pagi waktu setempat. Terjangan topan Hinnamnor di Korsel ini telah memicu sejumlah kerusakan di mana-mana.

Seperti dilansir AFP, Selasa (6/9/2022), topan Hinnamnor, salah satu topan paling kuat yang melanda Korsel dalam beberapa tahun terakhir, menerjang Pulau Jeju di bagian selatan negara itu pada Senin (5/9) malam sebelum menerjang kota pelabuhan Busan pada Selasa (6/9) dini hari.

Terjangan topan Hinnamnor di Busan memicu ombak besar dan hujan deras, yang memicu kerusakan pada ruas jalanan dan pertokoan di tepi pantai.

Otoritas setempat melaporkan bahwa topan itu bergerak dengan kecepatan 43 meter per detik saat mencapai daratan.

7 Fakta Topan Hinnamnor Hantam Korea Selatan hingga Jepang7 Fakta Topan Hinnamnor Hantam Korea Selatan hingga Jepang | Foto: AP Photo

Akibat Terjangan Topan Hinnamnor di Korea Selatan: 1 Hilang-14 Tewas

Dilaporkan dari Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Pusat, seorang pria berusia 25 tahun dinyatakan hilang. Pria tersebut hilang setelah terjatuh ke dalam aliran air yang deras di kota Ulsan.

Selain itu, angin topan yang menerjang Korea Selatan beberapa minggu setelah ibu kota Seoul dan daerah sekitarnya dilanda hujan deras dan banjir bandang ini telah menewaskan sedikitnya 14 orang.

Dampak Topan Hinnamnor di Korsel: 600 Sekolah Libur-250 Penerbangan Dibatalkan

Otoritas Korea Selatan meliburkan lebih dari 600 sekolah di berbagai wilayah. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan dari akibat yang ditimbulkan oleh terjangan topan Hinnamnor di sejumlah wilayah di Korea Selatan.

Sementara itu, maskapai-maskapai lokal juga telah membatalkan 250 penerbangan rute domestik. Meskipun pada Selasa (6/9), layanan penerbangan secara bertahap kembali beroperasi pada waktu setempat saat Hinnamnor bergerak menuju ke wilayah Jepang.

Korsel Lakukan Evakuasi Besar-besaran, Ribuan Warga Terpaksa Mengungsi

Dilansir Reuters, Selasa (6/9/2022), pihak berwenang menyebutkan, topan Hinnamnor adalah salah satu badai paling kuat yang melanda Korea Selatan dalam beberapa dekade terakhir. Sejumlah infrastruktur di wilayah Korea Selatan hancur dan rusak akibat badai topan dahsyat itu.

Diketahui hingga Selasa (6/9) pagi, Korea Selatan telah melakukan evakuasi besar-besaran. Dilaporkan 3.463 orang telah dievakuasi yang sebagian besarnya dari wilayah selatan.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengadakan pertemuan tanggap darurat, dan mendesak para pejabat untuk mengambil tindakan pencegahan sampai topan benar-benar hilang.

Korea Utara Ikut Bersiap Hadapi Hantaman Badai Topan Hinnamnor

Korea Utara (Korut), yang bertetangga dengan wilayah Korea Selatan, juga bersiap menghadapi badai hebat dari topan Hinnamnor. Pemimpin negara itu, Kim Jong-Un, mengawasi pertemuan yang digelar di Pyongyang untuk menilai kesiapsiagaan tanggap bencana.

Seperti dilaporkan kantor berita Korean Central News Agency (KCNA), Kim Jong-Un menyebut peningkatan respons bencana sangat penting karena 'tidak ada yang lebih berharga... daripada kehidupan dan keselamatan rakyat'.

Para pakar menyebut Korut sangat rentan terhadap banjir dan hujan deras karena deforestasi dan irigasi yang buruk.

Terjangan Topan Hinnamnor Juga Melanda Sebagian Wilayah di Jepang

Pada Selasa (6/9) pagi, menurut Badan Meteorologi Jepang, topan Hinnamnor dilaporkan berada di atas Laut Jepang, atau yang disebut Laut Timur oleh Korsel, tepatnya di lokasi berjarak 100 kilometer dari Pulau Tsushima dan Prefektur Nagasaki, Jepang bagian barat daya.

Laporan Kyushu Electricity menyebut lebih dari 35 ribu rumah tidak mendapatkan aliran listrik di wilayah Kyushu, yang juga terletak di barat daya Jepang.

Akibat Topan Hinnamnor di Jepang: Kereta Dihentikan-120 Penerbangan Dibatalkan

Topan Hinnamnor diperkirakan bergerak ke arah timur laut dengan kecepatan 45 kilometer per jam dan diperkirakan membawa hujan deras di wilayah Jepang bagian barat. Beberapa layanan kereta peluru Jepang dihentikan sementara akibat angin kencang dan hujan, sedangkan banyak kereta lokal menangguhkan layanannya.

Laporan televisi nasional NHK menyebut sedikitnya 120 penerbangan dibatalkan di Kyushu akibat topan ini.

Demikian fakta-fakta terkkini yang diketahui seputar terjangan topan Hinnamnor yang melanda sejumlah wilayah di Korea Selatan hingga Jepang.

Simak Video 'Amukan Topan Hinnamnor di Pantai Busan Korea Selatan':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT