Topan Hinnamnor Terjang Korsel, 1 Orang Hilang-Listrik Mati

ADVERTISEMENT

Topan Hinnamnor Terjang Korsel, 1 Orang Hilang-Listrik Mati

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 06 Sep 2022 12:49 WIB
People walk in the rain as Typhoon Hinnamnor moves toward the Korean Peninsula in Seoul, South Korea, Monday, Sept. 5, 2022. Hundreds of flights were grounded and more than 200 people evacuated in South Korea on Monday as Typhoon Hinnamnor approached the countrys southern region with heavy rains and winds of up to 290 kilometers (180 miles) per hour, the strongest storm in decades. (AP Photo/Lee Jin-man)
Warga berjalan di tengah hujan yang mengguyur dampak topan Hinnamnor (AP Photo/Lee Jin-man)
Seoul -

Topan Hinnamnor yang menerjang wilayah Korea Selatan (Korsel) pada Selasa (6/9) pagi waktu setempat, telah memicu pemadaman listrik dan sejumlah kerusakan. Sedikitnya satu orang dilaporkan hilang.

Seperti dilansir AFP, Selasa (6/9/2022), topan Hinnamnor, salah satu topan paling kuat yang melanda Korsel dalam beberapa tahun terakhir, menerjang Pulau Jeju di bagian selatan negara itu pada Senin (5/9) malam sebelum menerjang kota pelabuhan Busan pada Selasa (6/9) dini hari.

Terjangan topan Hinnamnor di Busan memicu ombak besar dan hujan deras, yang memicu kerusakan pada ruas jalanan dan pertokoan di tepi pantai.

Otoritas setempat melaporkan bahwa topan itu bergerak dengan kecepatan 43 meter per detik saat mencapai daratan.

Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Pusat melaporkan seorang pria berusia 25 tahun hilang setelah terjatuh ke dalam aliran air yang deras di kota Ulsan.

Sebagai pencegahan, otoritas Korsel meliburkan lebih dari 600 sekolah di berbagai wilayah. Sementara maskapai-maskapai lokal membatalkan 250 penerbangan rute domestik, meskipun layanan penerbangan secara bertahap kembali beroperasi pada Selasa (6/9) waktu setempat saat Hinnamnor bergerak ke Jepang.

Korea Utara (Korut), yang bertetangga dengan Korsel, juga bersiap menghadapi badai, dengan pemimpin negara itu, Kim Jong-Un, mengawasi pertemuan yang digelar di Pyongyang untuk menilai kesiapsiagaan tanggap bencana.

Simak Video 'Amukan Topan Hinnamnor di Pantai Busan Korea Selatan':

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT