Meluas COVID di China Sampai Ikan dan Kepiting Di-swab Juga

ADVERTISEMENT

Meluas COVID di China Sampai Ikan dan Kepiting Di-swab Juga

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Agu 2022 21:14 WIB
Ikan dan kepiting diwajibkan jalani tes swab akibat kasus Covid yang terus meluas di China
Ikan dan kepiting diwajibkan jalani tes 'swab' akibat kasus Covid yang terus meluas di China (Foto: BBC World )
Jakarta -

Kasus COVID-19 di China kembali meluas. Hal ini membuat China memerintahkan warganya untuk menjalani tes uji COVID-19.

Diketahui Otoritas lokal mendeteksi sekitar 40 kasus positif virus tersebut. Hasil deteksi ini membuat lebih dari lima juta orang di kota pesisir China, Xiamen, diperintahkan untuk menjalani tes selama pekan ini.

Namun ternyata perintah tes uji Covid-19 tersebut tidak hanya untuk manusia. Pemberitahuan resmi menyatakan, sejumlah binatang laut juga diharapkan menjalani tes uji Covid massal terbaru.

Komite Pengendalian Pandemi Maritim di Distrik Jimei, Xiamen, dalam beberapa pekan terakhir menyatakan bahwa sekembalinya dari menjaring ikan, nelayan dan binatang laut yang mereka bawa harus menjalani tes uji Covid.

Di tengah meluasnya kasus positif di daerah itu, sebuah rekaman video beredar di beberapa media sosial, termasuk TikTok versi lokal, Douyin, yang sejumlah petugas medis melakukan tes PCR kepada ikan dan kepiting hidup.

Distrik Jimei, Xiamen, disebut bukan satu-satunya daerah yang melakukan tes kepada ikan hidup. Meskipun terlihat tidak biasa, namun ternyata ini bukan pertama kalinya ikan hidup diuji untuk melacak Covid.

Simak halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT