ADVERTISEMENT

Kata AS soal China-Taiwan: Kita Hidup di Waktu Berbahaya!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 20 Agu 2022 15:28 WIB
FILE - In this Sept. 25, 2015, file photo, a military honor guard await the arrival of Chinese President Xi Jinping for a state arrival ceremony at the White House in Washington. China on Tuesday, Dec. 8, 2020, lashed out at the U.S. over new sanctions against Chinese officials and the sale of more military equipment to Taiwan. (AP Photo/Andrew Harnik, File)
Ilustrasi (Foto: AP Photo/Andrew Harnik, File)
Jakarta -

Sekretaris Angkatan Udara Amerika Serikat Frank Kendall mengatakan bahwa tindakan China di sekitar Taiwan meningkatkan tingkat risiko. Dia pun berharap perilaku China kembali ke norma yang telah ditetapkan sebelumnya.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, telah mengadakan latihan militer bulan ini untuk menunjukkan kemarahannya akan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei, menyalahkan Washington atas ketegangan itu.

"Kita hidup di waktu yang berbahaya," kata Kendall, berbicara kepada wartawan seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (20/8/2022).

Mengacu pada latihan China di sekitar Taiwan, yang termasuk menembakkan rudal ke pulau itu dan berulang kali melintasi garis median Selat Taiwan, yang biasanya merupakan pembatas tidak resmi, Kendall mengatakan Beijing sangat provokatif.

"Aktivitas militer yang dilakukan China selama kunjungan Ketua DPR meningkatkan tingkat risiko dan mereka melanggar sejumlah norma, melewati batas adalah salah satunya, menembak ke zona ekonomi eksklusif Jepang adalah hal lainnya, dan menembaki Taiwan sendiri adalah hal lainnya," ujar Kendall.

Jepang sebelumnya telah mengatakan lima rudal yang ditembakkan China mendarat di zona ekonominya.

"Ini bukan tindakan yang dirancang untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan, mereka sangat provokatif dan meningkatkan tingkat risiko," cetus Kendall.

Dia menyebut China telah bereaksi berlebihan terhadap perjalanan Pelosi ke Taiwan.

Simak Video: Adu Tangguh Tank Tempur di International Army Games, China Sementara Unggul

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT