ADVERTISEMENT

Serangan Roket Hantam Pasar di Suriah, 9 Orang Tewas

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 20 Agu 2022 01:32 WIB
People gather at the sight of a reported regime forces bombing at a busy market in the opposition-held city of Al-Bab, on the border with Turkey in Syrias northern Aleppo province, on August 19,2022, leaving at least 9 people dead. (Photo by Bakr ALKASEM / AFP)
Situasi di pasar Suriah usai diserang roket (Foto: AFP/BAKR ALKASEM)
Jakarta -

Serangan roket menghantam pasar di kota Al-Bab, Suriah bagian utara. Petugas tanggap darurat mengatakan bahwa 9 orang tewas dalam insiden itu, 5 di antaranya adalah anak-anak.

Dilansir Reuters, Jumat (19/8/2022), White Helmets, sebuah kelompok penyelamat yang bekerja di beberapa bagian Suriah yang masih dipegang oleh faksi-faksi oposisi bersenjata, mengatakan setidaknya 28 lainnya terluka.

Faksi-faksi yang bertikai dalam konflik 11 tahun Suriah telah mengukir wilayah utara menjadi tambal sulam zona kendali.

Al-Bab berada dalam wilayah provinsi Aleppo yang dikuasai oleh pemberontak yang didukung Turki, tetapi bagian lain dipegang oleh pasukan pemerintah Suriah yang didukung oleh Rusia.

Sementara di bagian utara dan timur laut dikuasi oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS dan dipelopori oleh kelompok-kelompok Kurdi. Kelompok ini telah membuka dialog dengan pemerintah yang berbasis di Damaskus.

Kepala pusat media SDF, Farhad Shami, mengatakan kelompok itu tidak ada hubungannya dengan serangan hari Jumat.

Aktivis di Al-Bab telah merencanakan protes setelah shalat dzuhur pada hari Jumat untuk mengecam komentar Turki yang menyerukan rekonsiliasi antara pemerintah Suriah dan oposisi.

Dalam sebuah pernyataan yang didistribusikan ke media setelah serangan hari Jumat, para aktivis membatalkan demonstrasi karena khawatir akan kekerasan lebih lanjut.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT