ADVERTISEMENT

Turki Serang Pos Perbatasan Suriah, 11 Orang Tewas

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 02:29 WIB
Turkish Flag on cloudy blue sky.The flag is waving due to heavy wind.On the background white clouds are seen.Up right side of frame is blue sky.No people are seen in frame.
Foto: Getty Images/iStockphoto/selimaksan
Jakarta -

Turki menyerang pos perbatasan Suriah dengan serangan udara. Kejadian itu akibatkan 11 orang tewas.

Dilansir dari AFP, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (16/17) waktu setempat. Kejadian itu menyusul gejolak semalam antara pasukan Ankara, dan perjuang Kurdi yang menguasai daerah tersebut.

"Sebelas pejuang tewas dalam serangan udara Turki menghantam pos terdepan rezim Suriah... di Dekat perbatasan Turki," katakata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, tanpa merinci apakah para korban berafiliasi dengan pemerintah Damaskus atau pasukan Kurdi.

Pasukan Demokratik Suriah yang dipimpin Kurdi mengatakan "Pesawat militer Turki telah melakukan 12 serangan udara terhadap posisi tentara Suriah yang dikerahkan di jalur perbatasan barat Kobane," sebuah kota yang dikuasai Kurdi.

Pasukan rezim Suriah telah dikerahkan di daerah-daerah yang dikendalikan oleh pejuang Kurdi di dekat perbatasan dengan Turki sebagai bagian dari perjanjian yang dimaksudkan untuk membendung serangan lintas perbatasan oleh Ankara yang menargetkan pasukan Kurdi yang dianggapnya sebagai teroris.

Serangan itu menyebabkan "korban", kata juru bicara SDF Farhad Shami, tanpa menyebutkan berapa banyak.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT