Lagi-lagi Ukraina vs Rusia Saling Lempar Tuduhan

ADVERTISEMENT

Lagi-lagi Ukraina vs Rusia Saling Lempar Tuduhan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 20:02 WIB
Zaporizhzhia Nuclear Power Plant is seen from an embankment of the Dnipro river in the town of Nikopol, as Russias attack on Ukraine continues, in Dnipropetrovsk region, Ukraine July 20, 2022. REUTERS/Dmytro Smolienko
PLTN Zaporizhzhia terlihat dari seberang Sungai Dnipro di Nikopol, Ukraina (Foto: REUTERS/Dmytro Smolienko)

Zelensky Nilai Malapetaka di PLTN Ancam Seluruh Eropa

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melontarkan peringatan terbaru bahwa 'malapetaka' yang terjadi di PLTN Zaporizhzhia akan mengancam seluruh Eropa.

"Di balik pembangkit itu, para penjajah menggempur kota-kota dan komunitas terdekat," sebut Zelensky dalam pernyataan terbaru pada Senin (15/8) malam dan dilansir AFP, Selasa (16/8/2022).

"Setiap insiden radiasi di NPP (PLTN-red) Zaporizhzhia bisa mempengaruhi negara-negara Uni Eropa, Turki, Georgia dan negara-negara dari kawasan yang lebih jauh. Semuanya hanya bergantung pada arah dan kecepatan angin," ucapnya.

"Jika tindakan Rusia menyebabkan malapetaka, konsekuensinya juga bisa menimpa mereka yang tetap bungkam sejauh ini," ujar Zelensky dengan nada memperingatkan.

Lebih lanjut, Zelensky menyerukan kepada komunitas internasional untuk mengadopsi 'sanksi keras yang baru terhadap Rusia' dan untuk tidak tunduk pada 'pemerasan nuklir'.

"Semua pasukan Rusia harus segera ditarik mundur dari pembangkit dan area-area sekitarnya tanpa syarat apapun," cetus Zelensky.


(dwia/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT