Lagi-lagi Ukraina vs Rusia Saling Lempar Tuduhan

ADVERTISEMENT

Lagi-lagi Ukraina vs Rusia Saling Lempar Tuduhan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 20:02 WIB
Zaporizhzhia Nuclear Power Plant is seen from an embankment of the Dnipro river in the town of Nikopol, as Russias attack on Ukraine continues, in Dnipropetrovsk region, Ukraine July 20, 2022. REUTERS/Dmytro Smolienko
PLTN Zaporizhzhia terlihat dari seberang Sungai Dnipro di Nikopol, Ukraina (Foto: REUTERS/Dmytro Smolienko)

Secara terpisah, seorang pejabat yang ditunjuk Rusia di kota itu, Vladimir Rogov, menyebut selama dua jam terakhir, ada sekitar 25 serangan artileri berat dari howitzer M777 buatan Amerika Serikat (AS) yang mengenai area dekat PLTN dan area-area permukiman.

Sedangkan kantor berita Rusia, Interfax, yang mengutip layanan pers pemerintah yang ditunjuk Rusia di kota Enerhodar menyebut pasukan Ukraina telah melancarkan gempuran, dengan beberapa ledakan terjadi di dekat PLTN.

Saling tuding yang dilakukan Ukraina dan Rusia itu terjadi setelah Badan Energi Atom Internasional (IAEA) memperingatkan adanya bencana jika pertempuran tidak juga berhenti. Para pakar nuklir mengkhawatirkan pertempuran bisa merusak kolam bahan bakar atau reaktor di PLTN Zaporizhzhia.

"Rusia berpikir mereka bisa memaksa dunia untuk mematuhi persyaratan mereka dengan menggempur NPP (PLTN) Zaporizhzhia. Itu tidak akan terjadi. Sebaliknya, militer kami akan menghukum mereka dengan pukulan keras secara presisi pada titik-titik yang menyakitkan," tegas kepala staf kepresidenan Ukraina, Andriy Yermak, dalam pernyataan via Twitter.

Simak halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT