ADVERTISEMENT

Pria Tewas Usai Tabrakkan Mobil-Lepas Tembakan Dekat Gedung Capitol AS

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 13:50 WIB
FILE - The sun shines on the dome of Capitol Hill in Washington, Friday, Aug. 12, 2022. A man drove his car into a barricade near the U.S. Capitol early Sunday, Aug. 14, 2022, and then began firing gunshots in the air before fatally shooting himself, police said. (AP Photo/Susan Walsh, File)
Ilustrasi Gedung Capitol AS (dok. AP Photo/Susan Walsh, File)
Washington DC -

Seorang pria nekat menabrakkan kendaraannya ke barikade di dekat Gedung Capitol di Washington DC, Amerika Serikat (AS), lalu melepas tembakan pada Minggu (14/8) waktu setempat. Saat didekati polisi, pria itu kemudian menembak dirinya sendiri hingga tewas.

Seperti dilansir AFP, Senin (15/8/2022), Kepolisian Capitol AS (USCP) dalam pernyataannya menyebut pria itu mengemudikan mobilnya hingga menabrak barikade kendaraan yang dipasang di East Capitol Street dan Second Street pada Minggu (14/8) dini hari, sekitar pukul 04.00 waktu setempat.

"Saat pria itu keluar dari mobil, mobilnya kemudian dilalap api," sebut USCP dalam pernyataannya.

"Pria itu kemudian melepaskan beberapa tembakan ke udara," imbuh pernyataan itu.

Ketika polisi merespons suara tembakan dan mendekati pria itu, dia mengakhiri nyawanya sendiri. "Dia menembak dirinya sendiri," sebut USCP.

Tidak ada korban lainnya dalam insiden ini.

Kongres AS tengah dalam masa reses saat insiden itu terjadi. "Tampaknya pria itu tidak menargetkan anggota Kongres mana pun," imbuh kepolisian dalam pernyataannya.

Identitas pria itu tidak diungkap ke publik. Motif di balik aksinya juga belum diketahui secara jelas. Kepolisian Metropolitan DC memimpin penyelidikan yang tengah berlangsung untuk mencari tahun motif dan latar belakang pria tersebut.

Secara terpisah, Kepala USCP Thomas Manger menyebut pria itu 'memiliki riwayat tindak kriminal selama 10 tahun terakhir'. "Namun sejauh ini tidak ada yang mengaitkannya dengan apa pun di Capitol ini," ucap Manger kepada Politico.

Lihat juga video 'Kasus Penyerbuan Gedung Capitol Disidangkan Setelah Setahun Penyelidikan':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT