ADVERTISEMENT

Bentrok Dengan Pemberontak, Dua Tentara Peru Tewas

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 03:15 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Ilustrasi (Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Jakarta -

Bentrokan terjadi antara petugas dan pemberontak Shining Path di Peru. Dua tentara tewas dalam bentrokan ini.

Dilansir AFP, Minggu (14/8/2022) pihak berwenang mengatakan militer dan polisi memulai operasi terhadap Shining Path di Timur Peru sejak Kamis lalu. Para petugas disebut memburu pimpinan kelompok tersebut.

"Mereka mencapai serangkaian kamp teroris dan posisi utama Victor Quispe Palomino, kawan 'Jose', pemimpin kelompok itu," ujar Kementerian Pertahanan Peru.

Disebutkan banyak anggota Shining Path tewas dalam bentrokan pada hari Jumat. Sementara Quise terluka parah, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Beberapa barang bukti berupa senjata, alat komunikasi hingga dokumen diamankan.

"Pihak berwenang juga mengamankan senjata, perangkat komunikasi, peralatan, laptop, banyak literatur dan dokumen," tuturnya.

Bulan lalu seorang tentara tewas dalam serangan oleh anggota Jalur Cemerlang di wilayah Junin, yang dikenal dengan perkebunan daun koka.

Tentara telah berpatroli di wilayah itu selama lebih dari dua dekade. Pada Januari 2021 mereka membunuh komandan kedua kelompok itu, Jorge Quispe Palomino.

Hampir semua pemimpin Shining Path telah dibunuh atau dipenjara, tetapi kelompok itu masih dapat mengandalkan sekitar 350 anggota. Shining Path muncul sebagai kelompok gerilya komunis pada tahun 1980.

Simak juga 'Polisi Gerebek Istana Kepresidenan Peru, Buru Adik Presiden':

[Gambas:Video 20detik]




(dwia/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT