ADVERTISEMENT

Rusia Ancam Putuskan Hubungan Bilateral Jika AS Lakukan Hal Ini

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 18:36 WIB
FILE PHOTO: Russian and U.S. state flags fly near a factory of Ford Sollers, a joint venture of U.S. carmaker Ford with Russian partners, in Vsevolozhsk, Leningrad Region, Russia March 27, 2019. REUTERS/Anton Vaganov/File Photo
Ilustrasi (dok. REUTERS/Anton Vaganov/File Photo)
Moskow -

Otoritas Rusia melontarkan peringatan terbaru pada Amerika Serikat (AS). Ditegaskan Moskow bahwa hubungan bilateral kedua negara akan terputus jika penyitaan aset-aset Rusia dilakukan, juga jika Rusia ditetapkan sebagai' 'negara sponsor terorisme'.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (13/8/2022), peringatan terbaru itu disampaikan oleh Kepala Departemen Amerika Utara pada Kementerian Luar Negeri Rusia, Alexander Darchiev, dalam pernyataan kepada kantor berita TASS.

"Kami memperingatkan Amerika soal konsekuensi merugikan dari tindakan-tindakan semacam itu yang akan secara permanen merusak hubungan bilateral, yang bukan kepentingan mereka ataupun kami," tegas Darchiev.

Tidak dijelaskan lebih lanjut soal aset-aset Rusia yang dimaksud oleh Darchiev.

Namun diketahui bahwa AS dan negara-negara Barat lainnya menjatuhkan serangkaian sanksi yang menargetkan tidak hanya para pejabat tinggi tapi juga konglomerat Rusia, sejak Presiden Vladimir Putin memerintahkan pengiriman puluhan ribu pasukan Moskow ke Ukraina pada akhir Februari lalu.

Dalam pernyataannya, Darchiev menyebut bahwa pengaruh AS pada Ukraina semakin meningkat hingga ke level yang bisa dianggap bahwa 'Amerika semakin dan semakin menjadi pihak langsung dalam konflik'.

Disebutkan juga oleh Darchiev bahwa hubungan diplomatik kedua negara akan rusak parah atau bahkan terputus, jika Senat AS melanjutkan rencana untuk menetapkan Rusia sebagai negara sponsor terorisme. Langkah itu, menurut Darchiev, berarti AS telah melewati titik yang tidak bisa kembali lagi.

Lihat juga Video: Ledakan di Pangkalan Militer Rusia di Krimea Bukan Akibat Serangan

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT