ADVERTISEMENT

AS Umumkan Bantuan Militer Terbaru Rp 14,8 T untuk Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 16:34 WIB
Amerika Serikat mengirimkan senjata canggih untuk memperkuat Ukraina melawan Rusia. Salah satu senjata yang dikirim adalah sistem roket canggih M142 HIMARS.
Salah satu bantuan militer terbaru AS untuk Ukraina mencakup rudal presisi tambahan untuk sistem roket canggih HIMARS (dok. AFP/Fadel Senna)
Washington DC -

Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengumumkan bantuan militer terbaru senilai US$ 1 miliar (Rp 14,8 triliun) untuk Ukraina. Bantuan itu mencakup pasokan rudal presisi tambahan untuk sistem roket HIMARS yang membantu Kiev dalam menyerang balik pasukan Rusia.

Seperti dilansir AFP, Selasa (9/8/2022), paket bantuan terbaru dari AS untuk Ukraina itu juga termasuk sejumlah rudal permukaan-ke-udara untuk pertahanan terhadap pesawat-pesawat tempur dan roket Rusia, kemudian lebih banyak roket anti-baja Javelin dan amunisi-amunisi lainnya.

"Ini semuanya adalah kemampuan kritis untuk membantu Ukraina mengusir serangan Rusia di wilayah timur wilayahnya, dan juga untuk menghadapi situasi yang berkembang di wilayah selatan dan wilayah lainnya," sebut Wakil Menteri Pertahanan AS Colin Kahl.

Dengan bantuan tambahan ini, maka total sudah US$ 9,1 miliar bantuan keamanan yang diberikan AS kepada Ukraina sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari lalu.

"Amerika Serikat berdiri dengan sekutu-sekutu dan mitra-mitra dari lebih 50 negara dalam memberikan bantuan keamanan vital untuk mendukung pertahanan Ukraina atas kedaulatan dan integritas wilayahnya terhadap agresi Rusia," ucap Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

"Kami akan terus berkonsultasi secara erat dengan Ukraina dan meningkatkan sistem dan kemampuan tambahan yang tersedia, yang dikalibrasi secara hati-hati untuk membuat perbedaan di medan perang dan memperkuat posisi akhir Ukraina di meja perundingan," imbuh Blinken dalam pernyataannya.

Secara terpisah, Bank Dunia pada Senin (8/8) waktu setempat mengumumkan bantuan sebesar US$ 4,5 miliar untuk Ukraina yang dibayarkan oleh AS. Dana itu akan membantu Kiev dalam membayar layanan dan pensiun -- kunci untuk meredakan dampak ekonomi dari invasi Rusia.

"Bantuan ekonomi ini sangat penting dalam mendukung rakyat Ukraina saat mereka mempertahankan demokrasi melawan agresi perang Rusia yang tidak beralasan," ucap Menteri Keuangan AS Janet Yellen dalam pernyataannya.

Tonton juga Video: Aktris Jessica Chastain Bertemu Presiden Ukraina

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT