ADVERTISEMENT

Adik Kim Jong Un Siapkan Pembalasan ke Korsel Gegara Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 07:25 WIB
Senjata rahasia Korea Utara itu bernama Kim Yo-jong, adik Kim Jong-un
Adik Kim Jong-Un, Kim Yo-Jong (Foto: BBC World)
Pyongyang -

Adik pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un, Kim Yo-Jong, menuduh Korea Selatan (Korsel) memicu wabah virus Corona atau COVID-19 di negaranya. Kim Yo-Jong pun memperingatkan ada 'pembalasan' untuk tindakan Korsel itu.

Dilansir AFP, Jumat (12/8/2022), Korea Utara menyebut 'hal-hal asing' di dekat perbatasan Korsel telah memicu wabah Corona di negara itu. Tuduhan itu telah dibantah oleh Seoul.

Meski ada larangan yang berlaku sejak tahun 2021, para aktivis Korsel menerbangkan balon-balon berisi selebaran propaganda dan uang kertas dolar Amerika Serikat hingga melintasi perbatasan Korut. Aksi yang dilakukan selama bertahun-tahun itu telah memicu protes keras dari Pyongyang.

Dalam pernyataan yang dikutip kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), Kim Yo-Jong menyalahkan aktivitas itu sebagai penyebab munculnya wabah COVID-19 di Korut. Dia menyebutnya sebagai 'kejahatan terhadap kemanusiaan'.

Adik perempuan Kim Jong-Un itu menyebut banyak negara dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui 'bahaya penyebaran penyakit menular melalui kontak dengan benda-benda terkontaminasi'.

"Ini sangat mengkhawatirkan bahwa Korea Selatan mengirimkan selebaran, uang, brosur ceroboh dan benda-benda ke wilayah kami," ucap Kim Yo-Jong dalam pernyataannya.

Kim Yo-Jong memperingatkan Pyongyang tengah mempertimbangkan 'respons pembalasan yang kuat'. Dia menegaskan akan ada tindakan tegas jika pengiriman balon-balon lintas perbatasan terus berlanjut.

"Kami akan merespons dengan memberantas tidak hanya virus, tapi juga otoritas Korea Selatan," ujarnya.

Bulan lalu, otoritas Korsel menyatakan 'tidak ada kasus infeksi COVID yang diverifikasi secara resmi via pos atau benda-benda'.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Mimpi Besar AS-Korsel untuk Melucuti Nuklir Korut

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT