Zelensky: Perang Ukraina Harus Diakhiri dengan Pembebasan Crimea!

ADVERTISEMENT

Zelensky: Perang Ukraina Harus Diakhiri dengan Pembebasan Crimea!

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 17:59 WIB
Ukraines President Volodymyr Zelenskiy attends a joint news briefing with Dutch Prime Minister Mark Rutte (not seen), as Russias attack on Ukraine continues, in Kyiv, Ukraine July 11, 2022. REUTERS/Valentyn Ogirenko/File Photo
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (REUTERS/Valentyn Ogirenko/File Photo)
Kiev -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan negaranya harus membebaskan Crimea untuk mengakhiri perangnya dengan Rusia. Crimea diketahui dicaplok oleh Rusia dari Ukraina tahun 2014 lalu.

Seperti dilansir CNN, Rabu (10/8/2022), seruan itu disampaikan Zelensky dalam pernyataan terbarunya pada Selasa (9/8) malam waktu setempat. Perang di Ukraina telah berlangsung sejak Moskow mengirimkan pasukannya ke negara tetangganya itu pada 24 Februari lalu.

"Perang Rusia melawan Ukraina dan melawan seluruh Eropa yang bebas dimulai dengan Crimea dan harus diakhiri dengan Crimea -- pembebasannya," cetus Zelensky dalam pernyataannya.

"Saat ini tidak mungkin untuk mengatakan kapan ini akan terjadi. Tapi kita secara konstan terus menambahkan komponen yang diperlukan ke dalam formula untuk pembebasan Crimea," ucapnya.

"Crimea adalah milik Ukraina, dan kita tidak akan pernah menyerah," tegas Zelensky.

Lebih lanjut, Zelensky menyebut pendudukan Rusia atas Crimea telah mengancam keamanan global.

"Kehadiran penjajah Rusia di Crimea merupakan ancaman bagi seluruh Eropa dan bagi stabilitas global. Tidak akan ada perdamaian yang stabil dan abadi di banyak negara di tepi Laut Mediterania selama Rusia mampu menggunakan semenanjung kita sebagai pangkalan militernya," sebut Zelensky memperingatkan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT