ADVERTISEMENT

13 Orang Tewas Akibat Gempuran Rusia di Dnipropetrovsk Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 16:26 WIB
Smoke rises over the remains of a building destroyed by a military strike, as Russias attack on Ukraine continues, in Lysychansk, Luhansk region, Ukraine June 17, 2022. REUTERS/Oleksandr Ratushniak/File Photo
Ilustrasi -- Bangunan rusak akibat pertempuran Rusia dan Ukraina (dok. REUTERS/Oleksandr Ratushniak/File Photo)
Kiev -

Sedikitnya 13 orang tewas akibat gempuran terbaru di wilayah Dnipropetrovsk, Ukraina. Otoritas Ukraina menyebut gempuran itu didalangi oleh pasukan Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (10/8/2022), Gubernur Dnipropetrovsk, Valentyn Reznychenko, menyebut lebih dari 20 gedung mengalami kerusakan akibat gempuran di wilayah Marganets pada Selasa (9/8) malam waktu setempat.

Marganets merupakan sebuah kota yang terletak di seberang Sungai Dnipro dari pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang kini dikuasai pasukan Rusia, yang sebelumnya dilaporkan menjadi lokasi pertempuran sengit.

Dalam pernyataannya, Reznychenko secara spesifik menyebut serangan terbaru itu memicu kerusakan pada jaringan kabel listrik setempat, yang membuat ribuan orang tidak mendapatkan aliran listrik.

Gempuran Rusia itu, imbuh Reznychenko, juga merusak sebuah hostel, dua sekolah, sebuah gedung konser, sebuah gedung dewan kota utama dan sejumlah pangkalan administratif lainnya.

Belum ada tanggapan resmi dari Rusia terhadap laporan Ukraina itu. Namun Moskow sebelumnya membantah pasukannya menargetkan warga sipil dalam aksi yang disebut sebagai 'operasi militer khusus' di Ukraina.

Reznychenko awalnya menyebut 21 orang tewas akibat gempuran Rusia itu, dengan 11 orang tewas di distrik Nikopol dan 10 orang tewas di Marganet. Namun dia kemudian meralat laporannya dengan menyebut pesan lanjutan via Telegram menyebut total korban tewas adalah 11 orang.

Dia lalu menambahkan bahwa dua orang lainnya tewas akibat luka-luka mereka dalam gempuran itu.

Tonton juga Video: Ketika Bom Rusia Mereda di Mykolaiv

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT