ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 17:32 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Seorang pria yang ditangkap terkait kasus pembunuhan empat pria Muslim di New Mexico, Amerika Serikat (AS), telah dijerat dakwaan pembunuhan. Namun pria yang berasal dari Afghanistan dan seorang Muslim ini baru didakwa untuk dua kasus pembunuhan di antaranya.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (10/8/2022), pria bernama Muhammad Syed (51) itu ditahan polisi AS setelah pengejaran sejauh 160 kilometer di negara bagian New Mexico pada Senin (8/8) waktu setempat.

Kepolisian Albuquerque menyatakan para personelnya hendak menggeledah rumah Syed pada Senin (8/8) ketika mereka melihatnya mengemudikan kendaraan Volkswagen Jetta, yang diyakini oleh para penyidik digunakan dalam salah satu kasus pembunuhan itu.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (10/8/2022):

- Polisi Prancis Tembak Mati Pria Bawa Pisau di Bandara Charles de Gaulle

Petugas polisi Prancis melepas tembakan ke seorang pria yang mengacungkan pisau di bandara Charles de Gaulle, di luar Paris, ibu kota Prancis pada Rabu (10/8). Pria itu pun tewas akibat tembakan tersebut.

"Petugas melumpuhkan seseorang yang mengancam yang memiliki pisau di bandara Roissy-Charles de Gaulle," kata departemen kepolisian Paris di akun Twitter-nya seperti dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (10/8/2022).

Sebuah sumber bandara mengatakan insiden itu terjadi di Terminal 2F yang sibuk sekitar pukul 08:20, ketika "seorang pria tunawisma mulai mengganggu agen keamanan dan polisi perbatasan dipanggil untuk memindahkannya".

- 13 Orang Tewas Akibat Gempuran Rusia di Dnipropetrovsk Ukraina

Sedikitnya 13 orang tewas akibat gempuran terbaru di wilayah Dnipropetrovsk, Ukraina. Otoritas Ukraina menyebut gempuran itu didalangi oleh pasukan Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (10/8/2022), Gubernur Dnipropetrovsk, Valentyn Reznychenko, menyebut lebih dari 20 gedung mengalami kerusakan akibat gempuran di wilayah Marganets pada Selasa (9/8) malam waktu setempat.

Marganets merupakan sebuah kota yang terletak di seberang Sungai Dnipro dari pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang kini dikuasai pasukan Rusia, yang sebelumnya dilaporkan menjadi lokasi pertempuran sengit.

Dalam pernyataannya, Reznychenko secara spesifik menyebut serangan terbaru itu memicu kerusakan pada jaringan kabel listrik setempat, yang membuat ribuan orang tidak mendapatkan aliran listrik.

- PM Jepang Rombak Kabinet, Adik Shinzo Abe Dicopot

Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida merombak kabinetnya, dengan mencopot beberapa menteri yang berkaitan dengan Gereja Unifikasi yang kontroversial. Salah satu yang dicopot adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Nobuo Kishi, yang merupakan adik laki-laki dari mendiang mantan PM Shinzo Abe.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Rabu (10/8/2022), Kishida, yang menjabat sejak Oktober tahun lalu, mengumumkan perombakan kabinetnya lebih awal daripada perkiraan para pengamat. Ini menjadi perombakan kabinet kedua yang terjadi dalam kurun waktu 10 bulan terakhir.

Simak juga Video: AS Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin JYNNEOS untuk Monkeypox

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT