Ledakan Guncang Pangkalan Udara Rusia di Crimea, 1 Orang Tewas

ADVERTISEMENT

Ledakan Guncang Pangkalan Udara Rusia di Crimea, 1 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 10:43 WIB

Kantor berita Rusia, TASS, yang mengutip sumber dari kementerian Rusia melaporkan bahwa penyebab utama ledakan itu tampaknya 'pelanggaran aturan keselamatan kebakaran'. Dilaporkan TASS bahwa tidak ada pesawat tempur yang mengalami kerusakan akibat ledakan itu.

Pesawat-pesawat tempur Rusia diketahui menggunakan pangkalan udara Saki untuk menyerang area-area di wilayah selatan Ukraina.

Kementerian Pertahanan Ukraina merilis pernyataan bernada sinis via Facebook soal ledakan itu. "Kementerian Pertahanan Ukraina tidak bisa menetapkan penyebab kebakaran, tapi sekali lagi mengingatkan aturan keselamatan kebakaran dan larangan merokok di tempat-tempat yang tidak ditentukan," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Ukraina.

Secara terpisah, penasihat kepresidenan Ukraina, Oleksiy Arestovych, mengatakan secara samar dalam wawancara online bahwa ledakan itu disebabkan oleh senjata jarak jauh buatan Ukraina atau ulah partisan yang beroperasi di Crimea.

Para pejabat di Moskow telah sejak lama memperingatkan Ukraina bahwa serangan apapun terhadap Crimea akan memicu pembalasan besar-besaran, termasuk serangan terhadap 'pusat pengambilan keputusan' di Kiev.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT