5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 18:19 WIB
People walk across a street during heavy rainfall in the Gangbuk district of Seoul on August 8, 2022. (Photo by YONHAP / AFP) / - South Korea OUT / NO ARCHIVES -  RESTRICTED TO SUBSCRIPTION USE
Warga Korsel berjalan di tengah hujan deras yang terus mengguyur dan memicu banjir di ibu kota Seoul (YONHAP/AFP)

- Seoul Dilanda Banjir, Korut Diam-diam Buka Bendungan Dekat Perbatasan

Korea Utara (Korut) dilaporkan membuka bendungan yang ada di dekat perbatasan Korea Selatan (Korsel), tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dulu kepada Seoul. Aktivitas itu terdeteksi saat wilayah Korut tengah dilanda hujan deras.

Diketahui bahwa hujan deras yang juga mengguyur Korsel, dengan curah hujan yang mencetak rekor tertinggi dalam 80 tahun, telah memicu banjir parah di area Seoul dan sekitarnya pada Senin (8/8) malam waktu setempat.

"Saat hujan turun dengan deras di Korea Utara, Korea Utara berulang kali membuka dan menutup pintu air di Bendungan Hwanggang," tutur seorang pejabat Kementerian Unifikasi Korsel, yang tidak disebut namanya, seperti dilansir kantor berita Korsel, Yonhap, Selasa (9/8/2022).

- Israel Gerebek Tepi Barat, 3 Warga Palestina Tewas dan 40 Orang Terluka

Tiga warga Palestina, termasuk seorang komandan senior militan setempat, tewas saat tentara Israel menggerebek sebuah rumah di wilayah Nablus, Tepi Barat. Puluhan warga Palestina lainnya mengalami luka-luka dalam penggerebekan yang diwarnai baku tembak itu.

Seperti dilansir AFP, Selasa (9/8/2022), koresponden AFP yang ada di kota Nablus melaporkan bahwa sejumlah warga Palestina yang bersenjata terlibat baku tembak dengan tentara Israel yang melakukan penggerebekan pada Selasa (9/8) waktu setempat.

Kementerian Kesehatan Palestina dalam pernyataannya menyebut sekitar 40 warga Palestina lainnya mengalami luka-luka, dengan empat orang di antaranya mengalami luka serius.

- AS Umumkan Bantuan Militer Terbaru Rp 14,8 T untuk Ukraina

Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengumumkan bantuan militer terbaru senilai US$ 1 miliar (Rp 14,8 triliun) untuk Ukraina. Bantuan itu mencakup pasokan rudal presisi tambahan untuk sistem roket HIMARS yang membantu Kiev dalam menyerang balik pasukan Rusia.

Seperti dilansir AFP, Selasa (9/8/2022), paket bantuan terbaru dari AS untuk Ukraina itu juga termasuk sejumlah rudal permukaan-ke-udara untuk pertahanan terhadap pesawat-pesawat tempur dan roket Rusia, kemudian lebih banyak roket anti-baja Javelin dan amunisi-amunisi lainnya.

"Ini semuanya adalah kemampuan kritis untuk membantu Ukraina mengusir serangan Rusia di wilayah timur wilayahnya, dan juga untuk menghadapi situasi yang berkembang di wilayah selatan dan wilayah lainnya," sebut Wakil Menteri Pertahanan AS Colin Kahl.


(nvc/nvc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT