5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 18:19 WIB
People walk across a street during heavy rainfall in the Gangbuk district of Seoul on August 8, 2022. (Photo by YONHAP / AFP) / - South Korea OUT / NO ARCHIVES -  RESTRICTED TO SUBSCRIPTION USE
Warga Korsel berjalan di tengah hujan deras yang terus mengguyur dan memicu banjir di ibu kota Seoul (YONHAP/AFP)
Jakarta -

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut agen-agen Biro Investigasi Federal (FBI) menggeledah resort mewah Mar-a-Lago yang menjadi kediamannya di Florida. Korea Selatan (Korsel) diguyur hujan deras yang memicu banjir parah di area ibu kota Seoul dan sekitarnya.

Trump yang tidak berada di Mar-a-Lago saat penggeledahan FBI berlangsung, menyebut penggeledahan semacam itu tidak pantas. Dia juga menyebut brankas yang ada di kediamannya telah dibobol dalam penggeledahan yang disebut berkaitan dengan dokumen rahasia yang dibawa Trump dari Gedung Putih.

Sementara banjir parah yang merendam kota Seoul dan wilayah sekitarnya pada Senin (8/8) malam telah menewaskan sedikitnya delapan orang. Saat banjir melanda Seoul, Korea Utara (Korut) yang juga diguyur hujan deras dilaporkan membuka bendungan di dekat perbatasan tanpa memberitahu Korsel.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (9/8/2022):

- Trump Sebut FBI Geledah Resort Mar-a-Lago Miliknya, Brankas Dibobol!

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut agen-agen Biro Investigasi Federal (FBI) telah menggeledah resort mewah miliknya, Mar-a-Lago, yang juga menjadi kediamannya di Florida. Disebutkan Trump bahwa FBI juga membobol brankas yang ada di kediamannya tersebut.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Selasa (9/8/2022), Trump tidak menyebut lebih lanjut alasan FBI melakukan penggeledahan itu. Dia malah menuduh penggeledahan FBI itu sebagai pelanggaran.

"Ini adalah masa-masa kelam bagi negara kita, karena rumah saya yang indah, Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, saat ini dikepung, digerebek, dan diduduki oleh sejumlah besar agen FBI," tulis Trump dalam pernyataan via media sosialnya, Truth Social, pada Senin (8/8) waktu setempat.

- Waspada! Latihan Militer China Dituding Sebagai Persiapan Invasi Taiwan

Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, menuding China menggunakan latihan udara dan lautan yang digelar di sekitar Taiwan sebagai persiapan menginvasi wilayah Taiwan. Beijing juga dituduh berupaya mengubah status quo di kawasan Asia-Pasifik.

Seperti dilansir AFP, Selasa (9/8/2022), China menggelar latihan militer terbesarnya di sekitar Taiwan pekan lalu untuk merespons kunjungan kontroversial Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taipei.

"China telah menggunakan latihan dan panduan militernya untuk mempersiapkan invasi terhadap Taiwan," sebut Joseph Wu dalam konferensi pers di Taipei.

Simak Video 'Korsel Banjir, Seoul dan Gangnam Jadi Trending di Twitter':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT